Kelebihan Batu Bata Merah dan Kekurangan Bata Merah

Batu bata merah merupakan salah satu bahan/material dalam pembuatan dinding/tembok rumah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan.

Kelebihan Batu Bata Merah

Kelebihan Bata Expos buatan pabrik bata merah Garut Aj Super

Memilih batu bata sebagai bahan pembuat tembok memang cukup beralasan. Hal ini dikarenakan batu bata memiliki keunggulan, di antaranya:

Murah

Tanah liat yang merupakan bahan utama batu bata mudah didapat dan persediaannya cukup banyak di negara kita. Ini menyebabkan harga batu bata cukup murah.

Mudah didapat

Selain karena bahan baku yang mudah didapat. Batu bata juga mudah dibuat, hanya membutuhkan alat-alat sederhana dan modal yang kecil sehingga banyak masyarakat yang dapat membuatnya. Persediaan batu bata menjadi mudah diperoleh.

Warna yang unik

Warna oranye yang menjadi cirri khas batu bata menjadi daya tarik sendiri. Pemilik rumah adakalanya sengaja tidak menutup batu bata dengan semen dan cat, sebaliknya batu bata dibiarkan terekspos sehingga memberikan kesan alami pada rumah.

Kuat

Batu bata tahan terhadap cuaca panas, cuaca dingan dan udara lembab. Hal inilah yang diharapkan mampu diberikan tembok sebagai salah satu pelindung rumah.

Penolak panas yang baik

Karena sifatnya yang mampu menolak panas, batu bata sangat cocok untuk dijadikan tembok rumah. Batu bata mampu membuat di dalam rumah terasa dingin walau diluar rumah cuaca panas.

Batu bata telah menjadi bagian dari sebagian besar rumah yang ada di Indonesia. Dengan berbagai keunggulannya, tidak heran jika batu bata yang berwarna unik ini masih bertahan untuk menjadi bagian dari rumah kita.

6 Kelebihan Bata Merah Berkualitas

Kelebihan dan Ciri Bata Merah Berkualitas

Sumber: unsplash.com

Ada Sebuah pepatah bijak yang mengatakan, “Jika Anda gagal merencanakan, maka sebenarnya Anda tengah merencanakan kegagalan.”

Sudah menjadi kewajaran ketika hendak membangun rumah ataupun bangunan, Anda memiliki banyak pertimbangan. Mulai dari desain, pengaturan budget hingga pemilihan material konstruksi. Semua ini perlu direncanakan dengan matang. Lantaran ketika rumah sudah dibangun, maka tak bisa lagi dirombak. Walaupun sebenarnya bisa saja jika Anda ingin merombak ulang, tetapi seringkali membutuhkan biaya lebih besar dan membutuhkan  waktu yang lebih lama untuk target penyelesaiannya.

Itu artinya sedari awal Anda perlu memiliki rencana pembangunan yang cermat, teliti dan tepat. Salah satu yang perlu dipertimbangkan dengan baik adalah bahan baku rumah Anda. Coba anda jawab beberapa pertanyaan berikut:

“Anda ingin rumah dengan gaya seperti apa?”

“Material apa yang ingin digunakan sebagai dinding?”

“Apakah Anda hendak memasang roster? Jika iya, bahan baku konstruksi apa yang Anda inginkan?”

Semua pertanyaan tersebut perlu memiliki jawaban yang akurat.

Jika Anda mempertimbangkan bahan baku murah, kuat dan memiliki sentuhan warna menarik, maka bata merah bisa menjadi rekomendasi material dinding atau roster yang tepat.

Mengapa bata merah? Setidaknya 5 alasan ini bisa menjadi pertimbangan buat Anda.

1. Kuat dan kokoh

Di antara jenis batu bata, bata merah merupakan jenis bata yang kokoh. Kekuatannya didapat dari penggunaan tanah liat yang dikeringkan dan dipadatkan melalui proses pembakaran. Berbeda dengan jenis batu bata yang tidak dibakar, bata merah yang dibakar memiliki ketahanan yang teruji. Ini membuat Anda tak perlu cemas akan kekokohannya sebagai dinding rumah.

Jadi, Anda tak perlu heran menemukan penggunaan bata merah di mana-mana. Alasan keamanan dan kekuatannya sudah menjadi andalan sejak dahulu kala. Kegunaan bata merah tak hanya sering didapati di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan penjuru dunia.

Untuk mencari referensi penggunaan bata merah berkualitas, Anda dapat menjadikan Pinterest ataupun Instagram sebagai inspirasi. Anda bisa mengetikkan kata “Red Brick” di kedua laman tersebut, maka Anda akan menemukan ribuan referensi penggunaan bata merah sebagai konstruksi bangunan.

2. Mudah Didapatkan

Ketika Anda bersiap membangun rumah, alangkah baiknya jika material yang dipilih mudah didapatkan dari lokasi proyek rumah Anda. Terlebih jika Anda memiliki budget terbatas serta ingin pengerjaan yang cepat. Pemilihan bata merah sebagai material bangunan pun menjadi pilihan yang bijaksana.

Bata merah merupakan jenis bahan bangunan yang mudah dicari. Hampir semua toko bangunan memiliki bata merah sebagai produk yang ditawarkan. Anda dapat mengeceknya di toko bangunan terdekat.

Setidaknya ada dua alasan mengapa bata merah mudah tersedia di mana-mana:

Bahan Dasar yang Mudah Dicari

Bata merah tak terbuat dari bahan-bahan yang sulit, semisal batuan beku atau batu alam. Bata merah hanya menggunakan tanah liat dengan pasir serta serpihan batu sebagai bahan dasar pembuatan.

Lewat bahan baku yang mudah ditemukan, bata merah pun bisa dibuat di mana saja. Sehingga ketersediaannya mudah dicari. Semakin cepat material bangunan didapat, maka semakin cepat pula pengerjaan rumah Anda. Anda pun tak perlu berlarut-larut membangun rumah lantaran penggunaan material konstruksi yang sulit ditemukan.

Proses Pembuatan yang Mudah

Selain bahan dasar bata merah yang tak sulit dicari, proses pembuatannya juga terbilang mudah. Produksi bata merah tak memerlukan pabrik megah untuk membuat bata merah berkualitas. Itu sebabnya industri rumahan pun terkadang sudah cukup menghasilkan bata merah terbaik.

Lewat pembuatan bata merah manual maupun menggunakan alat cetak, satu supplier bata merah bisa menghasilkan 10.000 hingga 15.000 bata merah per hari. Ini membuat bata merah tak akan langka. Sehingga Anda pun mudah mendapatkannya untuk keperluan bangunan, gedung atau rumah Anda.

3. Harga yang Terjangkau

Bata Merah Berkualitas Bagus dan Cara Memilihnya

Jika anggaran rancangan rumah Anda terbatas, maka Anda perlu mempertimbangkan secara cermat material bangunan yang digunakan. Semisal untuk dinding, ketika Anda memilih batu alam sebagai materialnya, tentu saja harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan material lain.

Penggunaan bata merah sebagai dinding ataupun pagar pun bisa menjadi solusi. Harga bata merah terbilang sangat terjangkau di pasaran. Per satu bijinya berkisar di harga Rp 400-Rp 900 saja. Harga ini bergantung pada kualitas, jenis dan ukuran bata merah.

4. Ukuran Bata Merah Seragam

Untuk ukuran bata merah, terdapat beberapa varian yang bisa Anda pilih. Berikut kisaran dimensi ukuran bata merah yang sesuai standar SNI 15-2094-1991:

  • panjang = 19 cm – 24 cm
  • lebar = 9 cm – 12 cm
  • tebal = 5 cm – 6 cm

Sangat menarik, kan? Bata merah memiliki ukuran yang bervariasi serta harga yang terjangkau. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan keperluan desain rumah Anda. Walaupun murah, material bata merah tak kalah kualitasnya. Terlebih jika Anda pasang  sebagai material dinding  rumah. Belum lagi jika Anda menginginkan desain yang menarik, bata merah bisa memberikan aksen industrial pada rumah Anda.

5. Tahan Api

Jika Anda belum tahu, ketika bata merah sedang berada pada proses pembakaran, suhu yang dibutuhkan bisa mencapai 10000C. Pembakaran pun berlangsung lama, membutuhkan waktu sekitar seminggu. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan bata merah yang berkualitas, yaitu benar-benar kering dan keras.

Di samping itu, bata merah yang dibakar dengan suhu tinggi membuatnya tahan akan api atau panas. Bata merah pun menjadi tidak mudah terbakar. Ini menjadi sebuah kelebihan bata merah bagi material rumah Anda.

6. Kuat terhadap Angin Kencang

Ketika membangun dinding  rumah, tentu saja Anda menginginkannya kuat terhadap berbagai hal, mulai dari cuaca hingga angin kencang. Dinding  yang kokoh membuat Anda merasa aman berada di rumah. Tentu ini menjadi fungsi rumah yang tidak bisa diganggu gugat.

Nah, kabar baik bagi Anda yang menggunakan bata merah sebagai pondasi. Mengapa? Telah terbukti sejak lama, dinding dari batu bata yang terbuat dari tanah liat (termasuk di dalamnya bata merah) memiliki ketahanan akan badai atau angin kencang.

Jika Anda berada di daerah yang rentan akan badai ataupun puting beliung, kemudian Anda memiliki pilihan material bangunan yang terbatas, maka penggunaan bata merah menjadi solusi yang bisa digunakan. Tentu saja bukan bata merah biasa, tetapi Anda bisa memilih bata merah berkualitas di toko bangunan terpercaya.

Kelebihan Bata Merah AJ Super Garut

Bata Merah Garut Pres Exposs AJ Super
  • Terbuat dari tanah pilihan
  • Proses pembuatan menggunakan mesin bata press
  • Melalui pembakaran dengan menggunakan Kayu Bakar
  • Ukuran : panjang 21 cm, lebar 10 cm dan tinggi 5 cm ( 1 M persegi = 58 bata)
  • Berat bata : 1,8 kg sampai 2 kg

Kelebihan Batu Bata Merah

  • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasang.
  • Ukurannya yang kecil memudahkan untuk pengangkutan.
  • Mudah untuk membentuk bidang kecil.
  • Murah harganya.
  • Mudah mendapatkannya.
  • Perekatnya tidak perlu yang khusus.
  • Tahan Panas, sehingga dapat menjadi perlindungan terhadap api.

Berikut penjelasan tambahan tentang kelebihan bata merah untuk material bangunan rumah.

Hemat biaya

Bata merah lebih murah biaya perawatan dibandingkan dengan material bangunan lainnya seperti kayu. Batu bata yang terbuat dari tanah liat, bahan baku pembuatannya banyak tersedia dan lebih murah harganya.

Tahan lama

Dibandingkan dengan kayu, bata merah lebih tahan dari pelapukan atau kerusakan karena serangga.

Tahan api

Bata merah terbuat dari tanah liat yang tidak mudah terbakar, sehingga cocok untuk menahan di sebuah ruangan atau menahan kerusakan karena panas.

Pengatur suhu yang baik

Di saat musim penghujan atau musim dingin (di negara 4 musim), batu bata merah dapat berlaku sebagai insulator. Artinya mampu menahan panas dan dingin.

Ramah lingkungan

Batu bata merah yang terbuat dari tanah liat dianggap sebagai material bangunan yang paling ramah lingkungan. Proses produksi batu bata yang menggunakan kayu bakar, gas bio atau sekam padi di dalam tungku juga menghasilkan abu yang ramah lingkungan.

Kekurangan Batu bata merah

Padat karya

Batu bata merah memerlukan banyak tenaga saat produksi dan pemasangan.

Menyerap air

Bata merah dapat menyerap air dan menyebabkan terjadinya efflorescence jika tidak terpapar udara.

Memicu pertumbuhan jamur (lumut)

Karena bata merah menyerap air dan lembab, maka permukaanya dapat tumbuh lumut jika tidak dibersihkan.

Penurunan kualitas

Warna bata merah biasanya memudar seiring berjalannya waktu, baik karena sinar matahari maupun pengaruh cuaca.

Daya tekan kurang

Jika dibandingkan dengan batu alam, maka bata merah lebih mudah rusak karena pengaruh cuaca ekstrim.

Kelebihan batu bata yang dibuat secara manual

Kelebihan jenis batu bata merah konvensional adalah harga jual lebih murah. Kekurangan batu bata konvensional adalah:

  • bentuk yang tidak selalu sama
  • Kurang rapi permukaannya
  • bertekstur kasar

Ini dapat dipahami karena pembuatan batu bata konvensional menggunakan alat-alat yang sederhana. Selain itu, lebih mengutamakan sumber daya manusia dalam pembuatannya. Istilah lainnya adalah padat karya.

Kelebihan Batu bata pres

Pembuatan batu bata ini menggunakan bantuan mesin cetak atau mesin press. Karakteristik batu bata press adalah:

  • memiliki tekstur halus
  • memiliki ukuran yang sama
  • terlihat lebih rapi permukaannya

Cek juga spesifikasi bata ekspos untuk bangunan rumah.

Tags: batu bata merah, kelebihan batu bata, kelebihan bata merah, KEUNGGULAN BATU BATA, kelebihan batu bata merah, kelebihan bata

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *