Pengertian Batu Bata Merah Menurut Ahli

Tahukah anda, apa pengertian batu bata merah menurut orang awam dan pakar/ahli konstruksi? Pada hari ini Selasa, 28 Juni 2022, kami selaku produsen & supplier bata merah garut akan menjelaskan apa itu pengertian batu bata merah.

Setiap orang pasti ingin yang terbaik untuk dirinya, begitu juga untuk rumah. Untuk memiliki rumah impian yang tahan lama, maka penggunaan material/bahan bangunan berkualitas terbaik mutlak diperlukan. Untuk itu, kenali apa itu bata merah yang bermutu tinggi.

Pengertian Batu Bata Merah Menurut Ahli

Pengertian Batu Bata Merah

Batu bata merah adalah jenis material bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi keras dan berwarna kemerahan.

Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan batu bata semakin menurun. Munculnya material-material baru seperti gipsum, bambu yang telah diolah, cenderung lebih dipilih karena memiliki harga lebih murah dan secara arsitektur lebih indah.

Batu bata juga merupakan bahan bangunan yang telah lama dikenal dan dipakai oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan yang berfungsi untuk bahan bangunan konstruksi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik batu bata yang dibangun masyarakat untuk memproduksi batu bata.

Definisi Bata Merah secara harfiah

Pengertian Batu Bata Merah Menurut Ahli

Sumber: gobroking.co.id

Bata merah adalah material bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dicetak berbentuk balok, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur, lalu dibakar dengan suhu tinggi hingga benar-benar kering dan mengeras. Proses ini memakan waktu yang tidak sebentar. Tergantung ukuran bata merah, jumlah dan skala kemampuan cetak produsen bata merah.

Bata merah termasuk bahan bangunan yang mudah didapatkan. Itu sebabnya penggunaannya selalu menjadi rekomendasi pada desain bangunan. Dari dulu hingga kini. Warnanya yang merah pun menjadi sentuhan yang menarik. Banyak desain rumah menggunakan bata merah sebagai tembok atau dinding. Rumah bergaya industrial merupakan salah satu desain rumah yang cocok dengan penggunaan bata merah ekspos. 

Bata merah sebagai konstruksi bangunan

Batu bata merah adalah bahan bangunan yang telah lama dikenal dan dipakai oleh masyarakat, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Sebagai bahan bangunan konstruksi tradisional, sebagian besar masyarakat lebih memilih bahan bata merah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik batu bata yang dibangun masyarakat untuk memproduksi batu bata.

Penggunaan batu bata banyak digunakan untuk aplikasi teknik sipil seperti dinding pada bangunan perumahan, bangunan gedung, pagar, saluran dan pondasi. Batu bata umumnya dalam konstruksi bangunan memiliki fungsi sebagai bahan non-struktural, di samping berfungsi sebagai struktural. Sebagai fungsi struktural, batu bata dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya seperti pada konstruksi rumah sederhana dan pondasi.

Bahan alternatif pengganti bata merah

Seiring perkembangan teknologi, penggunaan batu bata merah semakin menurun. Munculnya material-material baru, seperti gipsum dan bambu yang telah diolah, cenderung lebih dipilih karena memiliki harga jual lebih murah. Selain itu, material tersebut dapat memunculkan arsitektur lebih indah.

Penggunaan batu bata merah

Penggunaan batu bata banyak digunakan untuk aplikasi teknik sipil seperti dinding pada bangunan perumahan, bangunan gedung, pagar, saluran dan pondasi. Batu bata umumnya dalam konstruksi bangunan memiliki fungsi sebagai bahan non-struktural, di samping berfungsi sebagai struktural.

Sebagai fungsi struktural, batu bata dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya seperti pada konstruksi rumah sederhana dan pondasi.

Bila anda memerlukan bata merah untuk proyek, maka silahkan hubungi kami. Cek lokasi pabrik bata merah kami via Google maps.

5/5 - (13 votes)
Tags: definisi batu bata merah