Roster

Ingin memiliki rumah yang tidak hanya minimalis tetapi sirkulasi udara di dalamnya menyehatkan? Dalam kondisi seperti itu maka kamu perlu menggunakan roster agar rumah yang kamu tempati tidak pengap dan sirkulasi udara lancar.

WA 081-123-7-6789

roster atau loster adalah

Namun rumah atau hunian tidak asal menggunakan roster sehingga kamu perlu mengetahui informasi tentang dinding tersebut. Dengan seperti itu, kamu bisa mengetahui roster seperti apa yang dibutuhkan untuk hunian yang ditempati.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui harga dan ukuran roster agar mudah dipasang di rumah. Dengan seperti ini kamu juga bisa menghitung terkait jumlah roster yang dibutuhkan.

Pengetahuan seperti di atas sangat penting ketika ingin mengganti dinding biasa dengan roster. Untuk memudahkan, artikel ini akan menjelaskan secara detail terkait hal itu dan yuk simak ulasannya berikut ini

Apa Itu Roster?

roster atau loster adalah

Roster adalah komponen dinding yang berfungsi untuk memperbaiki sirkulasi udara dan pencahayaan, terbuat dari tanah liat, batako, beton, GRC, atau batu alam.

Roster sering juga disebut dinding berlubang yang terbuang dari batako, batu alam, atau bahan yang lainnya. Fungsi utama dari media tersebut adalah untuk memperlancar sirkulasi udara dan pencahayaan sinar matahari.

Di Indonesia sendiri, roster lebih banyak digunakan untuk rumah minimalis, modern. Sedangkan di luar negeri pun juga demikian dan di negara tersebut, roster sering diistilahkan sebagai ventilation block.

Ciri utamanya adalah dinding tersebut berlubang dan bentuknya pun menyesuaikan dengan hunian. Oleh karena itu, roster terbagi alam banyak jenis mengingat kebutuhan dan keinginan setiap orang berbeda pada huniannya.

Dalam perkembangannya, roster tidak hanya untuk eksterior saja tetapi juga banyak digunakan untuk desain interior rumah. Jadi selain untuk dinding, roster juga bisa diaplikasi pada pagar, secondary skin atau tempat yang lainnya.

Fungsi Dan Kegunaan Roster

Sebagai dinding kekinian, roster memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan yang perlu kamu ketahui. Pengetahuan tentang hal ini bisa membuat kamu punya keinginan besar untuk menggunakannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi dan kegunaan roster untuk rumah atau huniannya lainnya:

Sebagai Lubang Angin

Dalam susunannya, roster memiliki banyak sekali lubang dalam setiap bagiannya. Setiap roster memiliki lubang yang berbeda dimana ada yang hanya kecil atau lubangnya yang besar.

Lubang tersebut memiliki fungsi sebagai keluar masuknya angin ke dalam rumah. Dengan adanya lubang tersebut bisa membuat angin mudah masuk dan keluar sehingga rumah tidak pengap dan sirkulasi udara menjadi sehat.

Mempercantik Fasad Dinding Rumah Dan Bangunan

Tidak hanya membuat rumah tidak pengap, roster juga mampu membuat rumah terlihat lebih artistik. Dengan demikian dinding rumah atau bangunan yang menggunakan roster akan terlihat lebih cantik.

Untuk artistik ini sendiri sebenarnya tergantung dari pilihan roster dan jenis yang dipilihnya. Umumnya roster ini digunakan pada dinding atau pagar rumah agar bangunan tersebut bisa terlihat keindahannya dari luar.

Memperbaiki tata cahaya ruangan

Tinggal di alam tropis memiliki banyak keuntungan karena dengan mudahnya mendapatkan terkena sinar matahari. Namun sinar tersebut memiliki kekurangan dan bisa membuat suhu rumah menjadi cukup panas.

Dengan hadirnya roster, semua itu bisa diatasi dengan mudah dan akan membuat rumah terasa sejuk dan dingin. Kamu bisa menambahkan berbagai tumbuhan tropis di bagian dalam roster atau diatasnya.

Dengan demikian sinar matahari yang masuk tidak sepenuhnya diserap oleh rumah tersebut. Untuk hasil yang maksimal tambahkan berbagai tumbuhan di bagian atas roster agar kesejukan rumah semakin terasa

Roster dapat menghemat listrik

Rumah-rumah yang besar kebanyakan memiliki tembok sehingga sinar mahatari tidak bisa masuk. Hal ini membuat penghuni rumah perlu menggunakan lampu setiap harinya agar hunian ini terlihat lebih terang.

Namun hal ini bisa teratasi jika kamu menggunakan roster dan akan lebih hemat energi. Hal ini karena sinar tersebut bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah dan membuat ruangan tidak perlu lagi menggunakan lampu sebagai penerangnya.

Untuk Menampilkan Dekorasi Interior yang Mewah

Meskipun roster banyak digunakan untuk pagar rumah tetapi dinding berlubang ini cocok untuk desain interior. Kamu bisa mengganti dinding tembok dengan roster untuk menambah desain rumah terlihat menarik.

Dengan demikian, roster ini akan membuat rumah kamu terlihat lebih mewah dan tampak elegan. Tidak hanya itu, dekorasi ini juga mampu membuat sirkulasi udara semakin lancar dan menyehatkan.

Kamu bisa menempatkan roster di dinding bagian depan, tengah atau yang lainnya. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa konsultasi dengan produsen roster terkait bagian mana yang terbaik jika menggunakan roster.

Kelebihan dan Kekurangan Roster

Sebagai dinding berlubang, roster memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai sirkulasi udara atau bukaan. Dengan bantuan media ini akan membuat rumah atau hunian tidak mudah pengap dan menyehatkan penghuninya.

Selain itu, roster juga punya kelebihan agar pencahayaan sekaligus tidak membuat rumah tidak lembab. Rumah yang lembab akan memudahkan penyakit untuk masuk dan menyerang penghuninya.

Dengan desainnya yang menarik juga membuat hunian lebih terlihat indah dan nyaman. Tidak hanya itu, roster juga mampu mengurangi penggunaan energi lampu dan lebih mengoptimalkan cahaya alami dari sinar matahari.

Sedangkan untuk kekurangannya privasi salah anggota keluarga dengan mudah bisa diketahui orang lain. Kekurangan lainnya juga bisa membuat suasana sekitar rumah menjadi semakin panas jika dihadapkan pada matahari.

Rongga yang cukup lebar pada roster juga menjadi kekurangan karena memudahkan kotoran dan debu untuk masuk. Selain itu, proses pemasangannya tidak boleh dilakukan sendiri tetapi harus orang yang ahli di bidang tersebut.

KelebihanKekurangan
Sirkulasi udara lancarPrivasi penghuninya terbuka
Memudahkan pencahayaan dan rumah tidak lembabHunian semakin panas jika menghadap matahari
Menambahkan keindahan hunianMaterialnya tidak kuat
Proses pemasangan mudahPerlu dipasang oleh ahlinya
Hemat energi listrikMemudahkan debu dan kotoran masuk

Beberapa Macam Roster Dari Beberapa Daerah Di Indonesia

Mengingat kebutuhan roster yang semakin tinggi maka beberapa daerah mulai memproduksi dinding berlubang ini. Tidak semua daerah memproduksi dan berikut beberapa kota terbaik yang membuat roster:

Roster Surabaya, Sidoarjo

Roster Surabaya dan Sidoarjo

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/VqbcmM/2021/6/15/b88d3388-a698-4060-8dee-fc1546adb2a0.jpg

Sesuai informasi yang ada di Tokopedia, roster asal Surabaya ini memiliki banyak jenis untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Diantaranya roster keramik dan minimalis dengan berbagai macam model.

Diantara modelnya lubangnya berbentuk kotak biasa, trisensa, lubang 1, lubang anti es, dll. Dari sekian model tersebut ukurannya berbeda sehingga harga yang ditawarkan juga tidak sama.

Dengan demikian model di atas bisa kamu sesuaikan dengan desain rumah yang digunakan. Jika memungkinkan, kamu bisa berkonsultasi ke produsen untuk meminta pendapat terkait model seperti apa yang cocok.

Roster Malang

Roster Malang

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/product-1/2018/10/17/3860249/3860249_6ad25627-d32a-41a0-ac78-1e7c20c22d2c_650_622.jpg

Selain Surabaya, Malang juga menjadi salah satu produsen roster terbaik. Di kota ini umumnya lebih banyak memproduksi roster dengan jenis minimalis dan ada banyak sekali model di dalamnya.

Roster asal malang ini memiliki ukuran 20 x 20 cm dan minimal order mulai dari 100 pcs hingga 150 pcs. Rata-rata dalam 1 meter persegi berisi 25 pcs dengan berat setiap rosternya 4,5 kg.

Sedangkan untuk bahannya sendiri mulai dari pasir dan juga beton. Dari kedua jenis ini harganya juga berbeda dan rata-rata dijual dengan harga antara 14 ribu hingga 15 ribu per pcsnya.

Roster Jakarta

Roster Jakarta

https://www.tokoroster.com/wp-content/uploads/2019/03/roster-semen-more-square-tokoroster.jpg

Dari sekian daerah rasanya jakarta yang tergolong sangat lengkap dari sisi bentuk atau motif rosternya. Hal ini bisa dilihat dari toko onlinenya di tokoroster.com atau di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee.

Dari toko online itu, beberapa bentuknya seperti more square, polygon, bubble, labirin, play on, play dan yang lainnya. Semua model tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan bisa diaplikasikan sesuai desain rumah kamu.

Misalnya model square ini sangat cocok untuk rumah yang butuh pencahayaan dan sirkulasi udara yang banyak. Untuk jenis lain juga fungsinya tidak sama sehingga kamu bisa chat terlebih dahulu sebelum membeli produk tersebut.

Roster Tangerang

roster tangerang

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/product-1/2020/5/2/8041015/8041015_ad0523fd-33db-4d4b-8fe2-613d7fe03982_1016_1016.jpg

Rata-rata roster yang ada di Tangerang lebih didominasi oleh desain minimalis dengan bentuk yang berbeda. Diantaranya berbentuk saida, bunga melati atau yang model menarik lainnya.

Menariknya lagi, roster asal Tangerang juga ada yang berbentuk lafadz Allah dan Muhammad untuk kebutuhan masjid dan musholla. Sehingga dari sekian model ini, kamu bisa memilih yang terbaik dan pastikan sesuai dengan desain rumah.

Untuk ukurannya juga cukup bervariatif mulai dari 15 x 15 cm hingga 30 x 30 cm per pcsnya. Pembelian roster tersebut juga menerapkan minimal order 200 pcs dan dapat dikirimkan ke daerah Jabodetabek dan sekitarnya.

Roster Jogja

Roster jogja

https://www.rancangrekaruang.com/image/data/galeri/Blog/Pengaplikasian%20Roster/1.%20Penggunaan%20Roster.jpg

Roster asal Jogja layaknya dari Jakarta yaitu memiliki banyak model dan dibuat dari bahan berkualitas. Roster tersebut dibuat dengan menggunakan semen dan tanah liat atau gravel.

Sedangkan untuk modelnya sendiri seperti 3 dimensi list, bezel LB 1, bezel LB 2, bulan pakan 5 dan yang lainnya. Semua model tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan interior dan eksterior rumah.

Dengan banyaknya model membuat kamu bisa lebih leluasa dalam memilih mana yang cocok untuk desain rumah. Jika masih bingung, kamu bisa kontak produsen untuk menanyakan model terbaiknya.

Jenis-Jenis Roster Berdasar Model dan Motif

Meski dibuat di berbagai kota namun roster sendiri juga memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut terbagi dalam beberapa model dan motif dan berikut macam-macamnya:

Roster Minimalis

roster minimalis

https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2020/12/14111558/2e6c10397fb79c764ab7a40dc18e207b.jpg

Roster dengan jenis minimalis ini juga banyak sekali digunakan oleh para produsen karena bentuknya yang kekinian. Bahkan roster dengan model akan membuat orang terpukau dan ini bisa dilihat pada gambar berikut:

Desain di atas merupakan salah satu yang terbaik dimana di semua fasad menggunakan lubang yang kecil. Sedangkan di salah satu bagiannya memiliki lubang yang sangat besar.

Dengan lubang besar tersebut akan membuat suhu rumah tidak terlalu panas khususnya siang hari. Selain itu, lubang tersebut memiliki fungsi udara atau adanya angin segar dan oksigen yang menyehatkan bagi para penggunanya.

Roster Beton

roster beton

https://images.tokopedia.net/img/cache/500-square/VqbcmM/2020/12/26/25c77f9a-b07d-4854-9bc7-03bcc238f01c.jpg

Tidak hanya minimalis, roster juga memiliki model atau motif beton di berbagai sisinya. Roster ini banyak diminati oleh semua orang karena dapat menambah estetika rumah atau hunian lainnya.

Untuk bentuknya sendiri seperti bata dan di bagian tengahnya diberi lubang cukup besar. Fungsi dari lubang tersebut itu untuk menghalau sinar matahari dan menyalurkan udara yang sejuk ke dalam rumah.

Kehadiran dari roster jenis beton ini juga dapat dijadikan sebagai bentuk visual bayangan yang unik. Selain itu bagian ini juga kerap dijadikan sebagai pembatas antara interior dan ekterior rumah.

Roster dengan bahan beton dinilai lebih awet dan tahan lama serta tidak mudah pecah ketika jatuh. Selain itu karena cukup populer maka roster beton memiliki banyak sekali motif dan varian yang bisa dipilih.

Roster Dinding

roster dinding

https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2021/09/14125114/roster-dinding-teras.jpg

Sesuai dengan namanya, roster dinding lebih banyak digunakan sebagai dekorasi hunian setiap orang. Roster jenis ini juga memiliki banyak varian dan motif sehingga pemilik rumah bisa menyesuaikan dengan desain huniannya.

Untuk motifnya sendiri cukup beragam mulai dari kotak, bata, sekat halaman belakang dan yang lainnya. Bahkan untuk hunian yang mewah, kamu bisa memilih motif putih dengan nilai futuristik yang tinggi.

Pilihan tersebut tidak lain karena roster ini memiliki banyak sekali rongga sehingga sangat baik untuk sirkulasi udara di dalam rumah. Tidak hanya udara, rongga tersebut juga berfungsi memberikan akses lebih banyak pada sinar matahari ke dalam rumah.

Tidak cukup sama disitu, roster ini juga sama seperti yang lain yaitu mampu menambah artistik rumah lebih menarik. Menariknya lagi, roster jenis ini harganya cukup terjangkau dan tidak membuat kantong tipis.

Roster Kayu

roster kayu

https://www.arsiteki.com/wp-content/uploads/2020/02/Loster-Kayu.jpg

Untuk memberikan kenyaman dan kesejukan pada penghuni rumah, roster kayu juga dapat dijadikan pilihan. Roster ini sangat cocok untuk semua jenis rumah mulai dari yang minimalis, modern hingga tradisional.

Roster jenis juga diminati karena selain desainnya yang menarik juga bisa memberikan kehangatan dan kesejukan alami. Untuk desainnya sendiri kebanyak diukir dan salah satu jenis kayu yang digunakan adalah mahoni dan jati.

Namun untuk roster jangka panjang, beberapa orang lebih banyak menggunakan kayu jati sebagai bahannya. Sebab kayu tersebut dinilai lebih kuat dan tahan lama dari jenis kayu lainnya.

Sedangkan untuk motifnya bisa berbentuk bunga, persegi panjang, lafadz Allah dan Muhammad dan yang lainnya. Pada intinya untuk motif bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen dan disesuaikan dengan bentuk rumah.

Roster GRC

grc roster

https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2020/05/10164223/grc_roster.png

Roster Keramik

db84d96736cb8b7da5d665986395dfa7

sumber: https://cf.shopee.co.id/file/db84d96736cb8b7da5d665986395dfa7

Untuk mempercantik desain rumah, roster keramik bisa menjadi pilihan terbaik. Roster jenis ini memiliki banyak sekali varian, bentuk dan warna yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Karena berbahan keramik maka tidak heran jika roster ini harganya cukup mahal. Meski demikian harga tersebut berbanding lurus dengan nilai estetika dan artistik yang lebih cantik dan menarik dari roster lain.

Umumnya roster jenis ini lebih banyak digunakan untuk rumah berdesain klasik, modern, minimalis. Bahkan dengan banyak pilihan membuat roster ini bisa diaplikasikan ke semua jenis rumah khususnya yang berdesain ala Eropa.

Untuk motifnya sendiri seperti bunga, kolonial, putih, ukuran bunga, permata dan yang desain cantik lainnya. Meski bisa mempercantik tetapi roster jenis ini mudah sekali pecah jika tidak berhati-hati saat digunakan.

Roster Batako

roster batako

https://aik.co.id/wp-content/uploads/2019/09/roster-batako.jpg

Roster batako merupakan salah satu jenis roster yang memiliki keunikan tersendiri dan umumnya dibuat dari bahan semen dan pasir. Roster jenis ini memiliki ciri-ciri berwarna abu-abu dan punya tingkat ketahanan yang lebih lama.

Tidak hanya itu, roster batako juga lebih banyak digunakan untuk keperluan di luar rumah daripada untuk interior. Karena itu, roster jenis ini memiliki kesan berbeda dan lebih ke unfinished.

Tidak hanya itu, roster ini juga sangat cocok untuk hunian yang memiliki gaya industrial atau urban. Untuk masalah harganya juga relatif sangat mudah sehingga tidak menguras kantong.

Roster Tanah Liat

roster tanah liat

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/VqbcmM/2021/7/27/a6c4439e-a351-4047-8c89-af9c8d3303c5.jpg

Sesuai dengan namanya, roster tanah liat ini dibuat dari bahan graven dan memiliki keunikan tersendiri. Untuk tanah liat yang digunakan sama dengan bahan yang dibuat untuk membuat batu bata.

Sehingga warna dari roster ini kebanyakan berwarna merah bata tetapi untuk motifnya cukup beragam. Untuk modelnya sendiri diantaranya wajik, bunga melati dan berbagai motif lainnya.

Untuk ciri-cirinya, roster tersebut terlihat lebih kuat, keras dan di tekstur di beberapa sisinya lebih keras. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, roster ini dibakar dengan temperatur tinggi agar lebih cepat matang.

Cara Pasang Roster

Ketika mengetahui berbagai jenisnya, kamu dapat memilih roster terbaik untuk rumah atau hunian lainnya. Ketika sudah didapatkan roster tersebut bisa dipasang dengan mudah dan berikut langkah-langkahnya:

1. Membuat pola

Kamu bisa memulai dengan membuat polanya terlebih dahulu untuk memudahkan pemasangan. Dikatakan demikian karena pola pemasangan tidak hanya garis lurus tetapi bisa horizontal, vertikal, berlawanan, dan yang lainnya.

Semakin unik dan berbeda pola tersebut maka semakin artistik roster yang ada di hunian itu. Untuk itu aturnya pola terbaik untuk hunian kamu agar nilai artistiknya begitu terasa.

2. Meluruskan pemasangan

Ketika pola sudah terbentuk, kamu bisa menggunakan benang khusus sebelum roster itu dipasang. Fungsi dari benang ini agar roster bisa terpasang secara rapi, teratur dan sesuai keinginan.

Tarik benang tersebut sesuai pola yang diinginkan dan pastikan lurus untuk semua sisi-sisinya.

3. Mengaplikasikan perekat

Untuk proses pemasangan roster dapat dilakukan dengan bata agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa memasang bata terlebih dahulu lalu diikuti dengan roster dan jangan lupa menggunakan adukan semen.

Saat adukan ini diletakkan pada roster perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari masuk ke dalam lubangnya.

4. Finishing

Umumnya bata tersebut hanya berada di bagian bawah atau atas dari roster tersebut. Sehingga bagian tengah dinding harus full menggunakan roster yang telah dipilih sesuai keinginan.

Cara Mengecat Roster

Sebagai dinding berlubang tentu tidak mudah untuk dilakukan pengecatan di berbagai sisinya. Sebab roster ini tidak hanya datar tetapi ada beberapa cekungan ke dalam dan ini terkadang cukup menyulitkan.

Meski terbilang gampang-gampang susah namun semua akan lebih mudah jika kamu mengikuti tutorial berikut:

1. Menyiapkan alat dan bahan pengecatan

Untuk tahap pertama, kamu bisa menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti cat, kuas atau bahan yang lainnya. Untuk kuat sediakan lebih dari satu dan salah satunya serabutnya perlu dikurangi.

Setelah proses ini selesai, kamu bisa mengikat bagian kuas yang masih tersisa dengan karet dengan pegangan kayu atau besi. Proses ini dilakukan untuk mengecat bagian dalam dari roster yang ada di dinding atau dalam rumah.

2. Aplikasikan cat di area yang mudah lebih dulu

Cat terlebih dahulu bagian luar roster karena lebih mudah dijangkau dan prosesnya cukup cepat. Sedangkan untuk bagian dalam roster tersebut, kamu bisa menggunakan kuas yang telah dibuang serabutnya itu

Jika serabutnya masih susah untuk masuk, maka kamu bisa mengurangi lagi hingga bisa masuk ke lubang-lubang roster tersebut.

3. Gunakan pengecatan berlapis

Khusus bagian dalam, kamu bisa mengecat secara berlapis di beberapa bagiannya agar lebih tebal dan cat tidak mudah luntur.

Ketika proses pengecatan, kamu tidak harus mengecat semua lubang tetapi cukup yang bisa dijangkau saja.

4. Finishing

Ketika sudah selesai, lakukan pengecatan di bagian luar dan lakukan secara merata dengan warna yang sesuai keinginan

Pastikan semua bagian di cat secara merata khususnya di lubang yang terkadang sulit dijangkau dan dilihat

Contoh Desain Rumah Dengan Roster

contoh rumah dengan roster

https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2021/09/22115550/Untitled-design-2021-09-22T095657.247.jpg

Dinding berlubang ini merupakan jenis roster yang banyak digunakan di pagar rumah. Desainnya yang minimalis membuat roster ini terlihat modern dan membuat orang terpukau melihatnya.

Roster ini juga dipadukan dengan beton sehingga privasi penghuni rumah tetap terjaga dari orang lain. Selain itu. Perpaduan warna coklat dan putih membuat tampilannya cukup elegan dan menarik.

desain rumah dengan roster

https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2021/09/22115545/Untitled-design-2021-09-22T095731.492.jpg

Dari rumah tersebut terlihat jika seluruh pagar rumah semuanya dibuat dari bahan roster. Tampilan ini semakin mengesankan karena menggunakan warna bata merah dan dipadukan dengan warna putih pada tembok.

Desain minimalisnya membuatnya lebih kece dan sangat cocok untuk rumah bertemakan industrial. Selain itu, untuk menambah keasrian pada rumah sangat cocok jika ditambahi dengan berbagai tumbuhan di dalamnya.

rumah minimalis pakai roster

https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/news-content/img/2021/09/22115539/Untitled-design-2021-09-22T095837.578.jpg

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah dengan privasi tinggi maka bisa menggunakan roster segitiga ini. Roster jenis ini sangat cocok untuk rumah dengan desain minimalis atau modern.

Untuk masalah ventilasi tidak perlu khawatir karena lubangnya lubangnya cukup banyak sehingga udara bisa keluar masuk. Perpaduan antara besi dan beton pada pagar tersebut sangat menarik karena bermotif bata ekspos.

Ukuran Roster

Roster dalam segala jenisnya memiliki ukuran yang rata-rata hampir sama. Namun ukuran ini dipengaruhi dari bentuk roster itu dan jika berbeda kemungkinan hanya tingginya saja.

Rata-rata roster memiliki ukuran 20 x 20 cm tetapi ada pula yang ukurannya 20 x 15 cm dan yang terlebar berukuran 26,5 x 9 cm. Tetapi semua itu kembali kepada motif dan bentuk roster yang dibuat oleh produsen.

Sedangkan untuk tingginya sekitar 7,5 cm hingga 9 cm dan ini menyesuaikan dengan panjang dan lebarnya. Setiap ukuran tentu memiliki harga yang berbeda dan dan umumnya roster ukuran terendah harganya lebih murah.

Cara Menghitung Kebutuhan Roster

Ketika ingin menggunakan roster maka kamu perlu mengetahui seberapa banyak kebutuhannya. Jika hal ini diabaikan bisa saja roster yang dibutuhkan malah kurang atau lebih dan ini tentu menjadi kerugian bagi kamu.

Untuk itu kamu perlu mengetahui terkait bagaimana cara menghitungnya dan berikut langkah-langkahnya:

Step 1. Mengukur luas area pasang

Kamu bisa mengukur dinding atau pagar yang akan dipasangi roster tersebut. Proses pengukuran ini harus detail mulai dari panjang, lebar dan tinggi dari bangunan tersebut.

Hindari kesalahan dalam pengukuran karena kesalahan satu meter saja akibatnya bisa fatal. Untuk memudahkan, dinding atau pagar tersebut berukuran 14 x 6 x 5 meter. Hindari

Step 2. Mengukur roster

Setelah ukuran dinding diketahui maka kamu juga perlu mengetahui ukuran roster yang digunakan. Dari berbagai ukuran tersebut, kamu perlu memastikan terkait berapa ukuran roster yang digunakan.

Dalam hal ini, roster yang digunakan berukuran 20 x 20 x 8 cm dengan bahan beton. Ukuran ini hanya simulasi dan semuanya untuk ukuran lain nanti perhitungannya bisa berbeda.

Step 3. Mengukur volume dinding

Untuk langkah awal, kamu bisa menghitung volume dinding tersebut dengan cara:

Volume Dinding: Panjang x Lebar x Tinggi

: 14 x 6 x 5

: 420 meter kubik

Karena ukurannya masih meter sehingga perlu diganti menjadi centimeter dan hasilnya menjadi 42.000 centimeter

Step 4. Menghitung volume roster pada dinding

Setelah menghitung volume dinding maka kamu perlu menghitung volume roster dengan cara sebagai berikut:

Volume Roster: Panjang x Lebar x Tinggi

: 20 x 20 x 8

: 3.200 centimeter.

Step 5. Menghitung jumlah roster yang diperlukan

Dari ukuran tersebut, untuk menghitung kebutuhan roster dapat dilakukan dengan cara:

Kebutuhan roster: Volume Dinding : Volume roster

: 42.000 centimeter kubik : 3.200 centimeter kubik

: 13, 2

Jadi roster untuk dinding dengan ukuran 14 x 6 x 5 meter adalah 13 pcs dan jika dibulatkan menjadi 14 pcs. Setelah diketahui jumlah roster yang dibutuhkan maka selanjutnya kamu bisa mencari harga yang murah dan berkualitas.

Harga Roster Per Biji Atau Per Meter Kubik

Setiap roster yang dijual di berbagai daerah memiliki ketentuan yang berbeda. Perbedaan ini terletak pada proses penjualannya mulai per biji hingga per meter kubik.

Salah satu penjualnya itu seperti Terminal Roster di Tokopedia yang menjual roster Beton lubang angin jalusi. Roster yang dijualnya berukuran 20 x 20 x 10 cm dengan harga per bijinya 15.000 rupiah

Sedangkan untuk harga per meternya 375 ribu dan di dalamnya berisi 25 pcs. Roster tersebut dikirim dari kota Depok dan bisa di order oleh kota-kota terdekat dengan minimal order 100 pcs.

Untuk roster jenis lainnya juga tersedia di Tokopedia dan beberapa marketplace lain. Rata-rata penjual di Tokopedia menjual roster semua jenis dengan harga antara 9.500 rupiah hingga 13 ribu per pcsnya.

Penutup

Roster atau dinding berlubang memiliki manfaat mampu membuat ventilasi udara lancar dan masuknya sinar matahari. Selain itu, dinding tersebut juga mampu membuat rumah terlihat elegan, mewah dan juga artistik.

Untuk mempercantik rumah, kamu bisa memilih berbagai jenis roster sesuai pilihan dan keinginan. Bahkan roster tersebut sudah tersedia di berbagai kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Tangerang, dll.

Agar roster terlihat semakin menawan, kamu bisa mengecat dinding tersebut warna-warna pilihan. Pastikan cat yang digunakan sesuai dengan warna rumah agar match sehingga kesan artistiknya semakin dapat.

Jika berkeinginan untuk memasang, kamu bisa membeli roster tersebut melalui online. Banyak penjual dari berbagai daerah yang menjual roster dengan jenis berbeda dan harga per biji atau per meter kubiknya juga berbeda.

Referensi

  • https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/roster-adalah/
  • https://www.rumah.com/berita-properti/2016/12/143638/mengenal-roster-dan-fungsinya
  • https://www.tokopedia.com/find/roster/c/surabaya
  • https://shopee.co.id/Roster-minimalis-Roster-Beton-Loster-Beton-Roster-Beton-Minimalis-Malang-i.54091257.5654397248
  • https://www.tokopedia.com/durableprojectmlg/roster-malang
  • https://www.instagram.com/rostermalang/?hl=en
  • https://www.tokoroster.com/
  • https://www.tokopedia.com/find/roster/c/jakarta-timur
  • https://rosterbetonjogja.com/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/daftar-harga-roster-beton/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/dinding-roster-57341
  • https://artikel.rumah123.com/10-ide-roster-dinding-teras-rumah-jadi-cantik-dan-udara-lebih-sejuk-103122
  • https://www.99.co/blog/indonesia/desain-loster-keramik/
  • http://mukuraceramics.com/id/perbedaan-tipe-roster-keramik-bata-dan-beton/
  • https://www.tokopedia.com/rekomendasi/2653195379?ref=googleshopping&c=16989435591&m=533173716&p=2653195379&gclid=Cj0KCQjwm6KUBhC3ARIsACIwxBj99CJ4XLbYREHluyJ37o6C5D7hYRtmmANXeakPQy5pkXEeJzE2-zAaAhWfEALw_wcB&gclsrc=aw.ds
  • https://www.dekoruma.com/artikel/75009/manfaat-roster-beton
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar