Batako vs Bata Merah vs Bata Hebel. Mana yg Terbaik?

Apakah Anda hendak membangun dinding atau tembok pada rumah? Lalu, bingung menentukan ingin menggunakan material apa? Itu hal wajar. Sebagai pemilik rumah, tentu saja Anda menginginkan material terbaik. Bukan hanya itu, kecocokan pada desain rumah juga menjadi pertimbangan. Sehingga rumah bukan saja kuat, tetapi juga indah dilihat.

Dari sekian jenis material bangunan, batu bata acap kali dipilih sebagai dinding atau pondasi. Anda pun bisa menemukan ragam batu bata, seperti bata merah, batako hingga bata hebel.

Beruntung jika Anda familiar dengan material batu bata, sehingga bisa memilih jenis bata dengan tepat. Namun, bagi Anda yang masih awam dengan material batu bata, Anda tentu bingung hendak memilih yang mana. Apakah bata merah, batako atau bata hebel?

Sembari membaca tulisan ini, Anda pun menyadari telah berada pada artikel yang tepat. Untuk membantu Anda memilih batu bata pada rancangan rumah, kami akan memberikan perbandingan antara bata merah, batako dan bata hebel.

Silakan baca ulasannya hingga akhir ya.

Penggunaan Bata Merah sebagai Dinding Rumah

Dari semua bagian rumah, batu bata paling umum digunakan sebagai material dinding. Ini bukan tanpa sebab, bagian dinding merupakan salah satu area yang paling luas pada sebuah rumah. Selain membutuhkan bahan bangunan berkualitas, faktor harga menjadi pertimbangan. Mengingat jika menggunakan material yang mahal, maka penggunaannya sebagai dinding cukup menguras anggaran.

Bata merah pun hadir menjadi solusi. Sejak dahulu kala, bata merah lazim digunakan pada bangunan. Terlebih untuk bagian dinding. Melihat bata merah masih digunakan hingga sekarang, itu artinya kualitas bata merah memang mumpuni. Tak lekang oleh waktu.

Kekuatan Dinding Bata Merah

Kualitas bata merah sebagai dinding tak perlu diragukan. Materialnya terbilang kuat. Kekokohan ini tercipta jika proses pembuatannya dilalui dengan baik. Produksi bata merah yang tepat meliputi:

  1. Pemilihan tanah liat, kerikil hingga pasir yang berkualitas.
  2. Dicetak dengan padat dan presisi
  3. Dijemur hingga kering
  4. Dibakar sampai benar-benar padat, kering, dan menimbulkan warna kemerahan

Jika setiap tahap produksi bata merah berjalan maksimal, maka bata merah yang dihasilkan benar-benar berkualitas tinggi, yakni kuat, kokoh, tak mudah retak serta warna merah yang mencolok.

Harga Dinding Bata Merah

Selain kuat dan berkualitas baik, bata merah juga memiliki harga yang terjangkau. Ini mengapa material bata merah seringkali digunakan dalam konstruksi. Terutama untuk bangunan skala kecil, semisal rumah pribadi.

Untuk pemasangan dinding, dibutuhkan bata merah sekitar 70 biji per m2. Jika mengacu pada harga bata merah di DKI Jakarta, yakni Rp 700. Maka, biaya pemasangan dinding bata merah per meter persegi berkisar pada Rp 49.000.

Sangat terjangkau, kan? Jika ditambah biaya tukang sekalipun, biaya pemasangannya masih ramah untuk budget Anda. Terlebih jika dibandingkan dengan pemasangan material lain, semisal marmer atau granit.

Namun, harga ini tidak tetap. Anda bisa menemukan variasi harga bata merah yang tersedia. Tergantung ukuran bata merah dan harga bata merah di setiap daerah.

Itu mengapa sebelum membeli bata merah, Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu. Ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan bata merah berkualitas dengan harga bata merah termurah.

Batako sebagai Alternatif Bata Merah

batako vs bata merah
Gambar batako

Dalam industri arsitektur masa kini, batu bata tidak hanya dikuasai oleh satu jenis. Dulunya jika berbicara batu bata, maka yang muncul di kepala adalah bata merah. Namun, kini terdapat varian lain, salah satunya adalah batako.

Berbeda dengan bata merah yang terbuat dari tanah liat, batako umumnya terbentuk dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak/di-press.

Seiring perkembangan, bahan baku batako pun mulai ditambahi material lain, semisal kapur, batubara dan zat aditif. Inovasi ini bertujuan untuk membuat batako menjadi lebih kuat. Sudah menjadi pengetahuan di dunia konstruksi, batako termasuk material bata yang lebih lemah dibanding bata merah.

Dua Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemasangan Batako:

  1. Ruangan jadi Lebih Pengap dan Panas

Batako adalah material bangunan yang kurang baik dalam menjaga temperatur. Sehingga dinding batako rentan membuat ruangan terasa lebih pengap atau panas. Itu sebabnya, jika Anda ingin menggunakan material batako, maka Anda bisa mengatur letak pemasangannya. Semisal tidak menempatkannya pada ruang tamu, kamar atau ruang keluarga. Namun, Anda bisa memasangnya sebagai dinding garasi, roster atau juga tembok di halaman rumah.

  1. Mudah retak dan berlumut

Dibanding bata merah yang lebih padat, material batako memiliki pori-pori yang lebih luas. Ini membuatnya mudah berlumut, berjamur dan muncul keretakan. Jika pemasangan batako dilakukan pada area yang rentan terkena hujan atau panas, maka Anda bisa melapisinya dengan plesteran. Ini akan membuat dinding atau tembok batako lebih awet dan kuat.

Kalau Anda ingin memasang batako secara ekspos, yakni tanpa plesteran, Anda bisa memasangnya di area dalam rumah, di mana dinding batako terhindar dari sentuhan cuaca. Namun, jangan lupa untuk melapisinya dengan cairan coating. Sehingga batako tidak mudah retak atau rusak.

Ukuran Batako

Dalam membangun dinding, roster atau tembok, dibutuhkan efisiensi waktu. Terlebih jika Anda memiliki deadline pembangunan yang tidak terlalu panjang. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan jenis material yang mudah dan cepat saat dipasang.

Ini salah satu kelebihan batako dibanding bata merah. Ukuran batako yang lebih besar membuat pemasangannya jadi lebih cepat. Berbanding dengan bata merah. Lantaran ukurannya kecil, pemasangannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Ukuran batako sendiri bisa 2-4 kali lipat lebih besar daripada bata merah. Batako semen atau press memiliki ukuran panjang 36 cm-40 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 18-20 cm.

Untuk pemasangan dinding per m2, jumlah dinding batako yang digunakan akan lebih sedikit. Jika pada dinding bata merah membutuhkan hingga 75 buah/m2, maka pemasangan dinding batako cukup menggunakan 22 biji/m2.

Dari ukuran dan jumlah yang digunakan, bisa Anda lihat mengapa dinding batako lebih mudah dan cepat dalam pemasangannya.

Harga Batako

Disebabkan ukurannya yang lebih besar, maka harga satuan batako lebih mahal daripada bata merah. Namun, jika diihat secara keseluruhan pemasangan, maka penggunaan batako membuat biaya bangunan jadi lebih murah.

Harga batako press lock bisa Anda dapatkan pada kisaran harga Rp 2.100.

Namun, harga ini bisa berbeda-beda. Tergantung jenis, merk, ukuran serta daerah pembelian.

Bata Hebel sebagai Konstruksi Interior dan Eksterior Rumah

Sumber: westildesain.blogspot.com

Hebel adalah sebuah inovasi dari jenis batu bata. Bata hebel hadir memberikan solusi akan kebutuhan batu bata berukuran besar serta juga kuat. Di samping itu, meskipun ukurannya lebih besar, bobotnya termasuk ringan. Ini mengapa bata hebel juga biasa disebut bata ringan.

Produksi Pembuatan Bata Hebel

Jika dilihat dari proses pembuatannya, bata hebel seringkali diproduksi oleh pabrik berskala besar. Teknologi dan proses kimia nan canggih sangat dibutuhkan dalam pembuatan bata hebel. Ini alasan mengapa kualitas bata hebel begitu mumpuni. Terutama dari sisi kekuatan dan keawetannya.

Saat tahap produksi, bata hebel terbuat dari semen, pasir kwarsa, kapur, gypsum, air dan alumunium pasta. Pada jenis bata hebel AAC (Autoclaved Aerated Concrete), penggunaan alumunium pasta memegang peranan penting. Bahan baku ini membuat adonan bata hebel mengembang di dalam sebuah mesin. Sehingga volume bata hebel menjadi lebih besar dan ringan.

Dibanding bata merah, kekuatan bata hebel bisa dibilang dua kali lipat lebih baik. Jika material bata merah hanya mampu menahan beban 25 kg per sentimeter persegi, pada bata hebel mampu menahan beban hingga 40 kg per sentimenter persegi.

Ukuran Bata Hebel

Dilihat secara kasat mata, bata hebel memiliki ukuran yang besar. Terdapat dua spesifikasi ukuran bata hebel yang paling umum: 60 x 20 x 10 cm dan 60 x 20 x 7.5 cm.

Memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis batu bata lain, bata hebel pun menjadi lebih hemat waktu dalam pemasangan. Terlebih jika memasang bata hebel pada area dinding yang luas. Waktu yang dibutuhkan pun menjadi lebih singkat. Selain bangunan lebih cepat jadi, biaya pekerja pun menjadi lebih murah, karena pengerjaannya tak membutuhkan waktu berlarut-larut.

Harga Bata Hebel

Secara kualitas lebih baik, dilengkapi ukuran yang lebih besar, maka bata hebel memiliki harga yang lebih tinggi dibanding bata merah atau batako.

Jika Anda ingin menggunakan bata hebel, Anda bisa mendapatkannya pada rentang harga Rp 480.000-Rp 775.000 per kubik.

Harga bata hebel bisa jadi lebih murah atau lebih mahal. Ini tergantung pada spesifikasi bata hebel, kualitas, ukuran serta tempat di mana Anda membelinya.

Ketika sudah membaca sampai di sini, Anda pun telah mengetahui perbandingan antara bata merah, batako dan bata hebel. Dari ketiga jenis batu bata ini, terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari kekuatan, harga hingga ukuran yang mempengaruhi efisiensi saat pemasangan.

Sebelum memilih jenis batu bata, pastikan kesesuaiannya dengan desain rumah. Jika rumah Anda memiliki tema atau gaya tertentu, Anda bisa menyelaraskannya dengan model atau warna batu bata yang sesuai.

Daftar Pustaka

  • Admin. (2020, May 23). √ 25 Harga Hebel Per Kubik Ukuran 10cm dan 7.5cm Terbaru 2020. Retrieved October 12, 2020, from https://www.arsiteki.com/harga-hebel-per-kubik/
  • Admin. (2012, September 12). Memilih Antara Bata Merah, Batako Atau Bata Ringan (Hebel) Untuk Dinding Rumah Anda. Retrieved October 12, 2020, from http://architectaria.com/memilih-antara-bata-merah-batako-atau-bata-ringan-hebel-untuk-dinding-rumah-anda.html
  • Alfa. (2019, January 31). Mau Memakai Batako untuk Dinding Rumah? Ini Panduan Memilihnya – Semua Halaman. Retrieved October 12, 2020, from https://idea.grid.id/read/091621126/mau-memakai-batako-untuk-dinding-rumah-ini-panduan-memilihnya?page=all
  • Dekoruma, K. (2019, July 18). Bata Merah, Batako Press, dan Bata Ringan, Apa Bedanya? Retrieved October 12, 2020, from https://www.dekoruma.com/artikel/88381/perbedaan-bata-merah-batako-press-dan-bata-ringan
  • Karsa, G. C. (2019, April 10). Jumlah dan Biaya Dinding Bata Merah. Retrieved October 12, 2020, from https://garisciptakarsa.com/jumlah-dan-biaya-untuk-menggunakan-bata-merah-berapa/
  • Ramadhan, W. (2020, July 03). Mengenal Jenis, Harga, dan Ukuran Batako yang Sesuai untuk Rumah. Retrieved October 12, 2020, from https://artikel.rumah123.com/mengenal-jenis-harga-dan-ukuran-batako-yang-sesuai-untuk-rumah-59457
  • Staff, E. (2019, May 17). Daftar Harga Batu Bata Merah Area Pulau Jawa. Retrieved October 12, 2020, from https://karinov.co.id/daftar-harga-batu-bata-merah/
Tags: bata ringan hebel

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *