Rumah Bata Merah: Model dan Contoh Gambar Desain

Rumah Bata Merah: Model dan Contoh Gambar Desain

Rumah Bata Merah: Model dan Contoh Gambar Desain – Semakin sempitnya lahan luas untuk membangun rumah menjadikan bisnis properti semakin berkembang. Hingga saat ini menjamurnya berbagai perumahan mulai dari perumahan bersubsidi hingga komersil. Banyak dari kalangan muda hingga tua mencari berbagai model rumah yang sesuai dengan kebutuhan mereka mulai dari gaya rumah minimalis, klasik, elegan, sampai modern.

Rumah merupakan tempat tujuan setelah lelah beraktivitas di luar. Hanya dengan pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga bisa membuat kita senang berada di rumah. Apalagi jika memiliki rumah yang nyaman untuk tempat tinggal.

Tidak semua orang menganggap rumah mewah dapat membuat pemiliknya nyaman. Beberapa orang bahkan menyukai rumah dengan desain sederhana seperti misalnya terbuat dari material bata merah. Bata merah merupakan bahan bangunan yang populer sejak dulu.

Namun, saat ini bukan saja dikenal karena kokoh dan awet, bata merah telah dipandang sebagai segi estetika rumah dalam berbagai model/desain. Yuk simak ulasan batamerahgarut.com berikut ini.

Manfaat bata merah untuk exterior rumah

rumah bata merah customer alam jaya

Dilansir dari laman www.homestratosphere.com ternyata rumah bata merah juga tak hanya memberikan kesan minimalis dan sederhana tapi memiliki banyak manfaat di antaranya :

  • Rumah tampak besar dan luas meski bergaya minimalis
  • Pengurangan kebisingan (penghalang suara)
  • Tampak luar biasa
  • Tahan lama
  • Perawatan yang rendah
  • Tahan api
  • Mempertahankan suasana hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas
  • Ramah lingkungan karena terbuat dari tanah liat dan sumber daya alam yang dibuat dengan cara dibakar
  • Lebih mudah untuk membangunnya dibandingkan dengan material lain seperti batu dan kayu

Bagi anda yang sedang mencari rumah bata merah mungkin gambar di bawah ini bisa menjadi inspirasi yang diambil dari berbagai sumber. 

Rumah Bata Merah Minimalis 

Rumah bata merah gaya eropa minimalis
rumah bata merah minimalis
rumah bata merah minimalis

sumber : trendir.com

Jika anda bosan dengan desain rumah yang biasa maka gaya rumah bata merah ini bisa dicoba. Gaya unik dan anti mainstream bisa anda dapatkan dengan model rumah seperti ini. Anda bisa mengaplikasikan bata merah kecoklatan dengan penambahan aksen jendela besar. 

Rumah Bata Merah dan Kayu

Rumah kombinasi bata merah dan kayu
Rumah kombinasi bata merah dan kayu
Rumah kombinasi bata merah dan kayu

sumber : opalexteriors.com

Rumah dengan gaya ini paling banyak ditemukan di daerah pedesaan negara Texas. Interior gaya perumahan di pedesaan Texas kental dengan kombinasi kayu dan bata merah. Biasanya jika di Indonesia banyak rumah joglo Jawa yang menerapkan kombinasi bata merah dan kayu. Dari perpaduan ini bisa kita lihat gaya industri sekaligus vintage yang alami dan menarik. 

Rumah dengan tanpa finishing memberi kesan hangat pada penghuninya. Meski begitu perlu perawatan khusus agar dinding rumah tidak mudah berjamur karena dipasang tanpa cat coating.

Rumah Bata Merah Tampak Depan

Rumah bata merah tampak depan
Rumah bata merah tampak depan
Rumah bata merah tampak depan

sumber : homestratosphere.com

Rumah dengan bata merah dapat memberikan anda kesan rustic yang alami. Selain menambah fungsi estetika rumah. Bata merah juga bisa menyerap suhu panas jadi ruangan tetap terasa sejuk meskipun cuaca sedang terik. Untuk gaya yang modern hindari menggunakan batu bata bertekstur kasar.

Rumah Bata Merah Tanpa Plester

Rumah bata merah tanpa plester
Rumah bata merah tanpa plester
Rumah bata merah tanpa plester

sumber : affixwindows.co.uk

Bata merah yang ditutup plester akan membuat dinding lebih rapi dan tanpa perawatan khusus. Hanya saja diperlukan biaya tambahan untuk membuat dinding bata merah plester. Biasanya plester dibuat dari campuran pasir, semen dan air secukupnya. 

Bila anda ingin hemat secara ekonomis maka intip gaya rumah bata merah tanpa plester ini. Penggunaan batu bata merah tanpa plester cocok digunakan pada rumah dengan desain modern, klasik tradisional atau kontemporer. 

Rumah Bata Merah Klasik

Rumah bata merah dengan gaya klasik
Rumah bata merah dengan gaya klasik
Rumah bata merah dengan gaya klasik

sumber : thegorbalsla.com

Rumah bergaya klasik eropa ini sangat menawan. Terkenal dengan memiliki jendela besar rumah bergaya eropa tidak menghilangkan desain modern meski menggunakan material bata merah. Cocok bagi anda yang menyukai konsep klasik dengan aksen bata merah terang. 

Rumah Bata Merah Malaysia

Rumah bata merah malaysia
Rumah bata merah malaysia
Rumah bata merah malaysia

sumber : studiobikin.com

Rumah bata merah memang tidak selalu terlihat sederhana. Anda patut mencoba menerapkan gaya rumah bata merah Malaysia ini. Rumah dengan konsep modern meskipun tidak banyak menggunakan bata merah pada dindingnya namun tetap terlihat unik dan berkelas.

Rumah Bata Merah Bali

Rumah bata merah bali
Rumah bata merah bali
Rumah bata merah bali

sumber : bataekspos.net

Bali selain dikenal dengan wisata dan tariannya juga terkenal dengan rumah adat tradisional khas Bali. Penggunaan bata merah memang memberikan kesan rustic dan vintage secara natural. Bukan hanya itu penggunaan bata merah menjadi pilihan karena ketahanan yang awet dan kokoh meskipun telah lama digunakan. Terbukti rumah-rumah tradisional Bali tetap berdiri kokoh meskipun sudah berusia puluhan tahun. 

Rumah Bata Merah Bandung

Rumah bata merah bandung
Rumah bata merah bandung
Rumah bata merah bandung

sumber : traveloka.com

Model rumah bata merah Bandung banyak menggunakan bata ekspos untuk diterapkan pada dinding rumah maupun bangunan. Tidak hanya itu rumah ini menggabungkan interior bata merah ekspos dengan material kayu. Perpaduan ini semakin memberikan kesan natural pada rumah.

Rumah Batu Bata Merah Sederhana

Rumah bata merah sederhana
Rumah bata merah sederhana
Rumah bata merah sederhana

sumber : arsitekindonesia.id

Sesuai dengan namanya rumah bata merah ini mengusung konsep sederhana. Rumah bata merah sederhana tidak terlalu banyak aksen interior mewah di dalamnya sehingga rumah ini membutuh budget yang tidak terlalu mahal. Biasanya rumah di kampung dan pedesaan dibuat seperti ini.

Rumah Bata Merah Expose

Rumah bata merah expose
Rumah bata merah expose
Rumah bata merah expose

sumber : archify.com

Bata merah terekspos menjadi konsep yang populer belakangan ini. Banyak konsep rumah atau hunian yang menerapkan bata ekspos ini. Namun, bata ekspos juga bisa diterapkan pada seluruh dinding rumah bukan hanya bagian tertentu saja. Tekstur bata ekspos membuat rumah menjadi lebih hangat, unik dan memberikan kesan rumah dengan gaya rustic yang natural. Tidak hanya berwarna merah atau kecoklatan anda bisa mengaplikasikan warna grey atau putih pada dinding bata ekspos. Hal ini akan semakin membuat rumah anda tampak menawan.

Cara Menghias Rumah Bata Merah

model desain rumah bata merah tanpa plester
Aplikasi bata ekspos di rumah Bpk H Sarkowi – Cisarua Bogor

Agar rumah bata merah tidak terlalu tampak sederhana anda bisa menghiasnya dengan beberapa pilihan menurut www.designrumah.co.id.

  1. Melengkapi teras dengan tanaman hijau

Memilih bata merah sebagai material utama dinding rumah dapat menjadi ciri khas yang menonjolkan salah satu ruangan misalnya teras rumah. Menambah tanaman hijau merambat di tiang kayu penyangga atap teras dapat memberi nilai tambah bagi estetika. Rumah bukan hanya terlihat indah namun juga asri dan sejuk karena teras merupakan bagian rumah yang pertama kali dilihat.

  1. Perpaduan kayu dengan dinding bata merah

Mengkombinasikan kayu dengan bata merah menjadi salah satu pilihan tepat jika anda ingin mengadopsi gaya vintage ke dalam rumah. Caranya dengan menerapkan dinding bata ekspos pada bagian rumah ditambah sentuhan kayu jati yang telah di finishing. Anda juga bisa membuat perpaduan dinding kayu dan bata merah ekspos layaknya rumah bergaya belanda atau eropa. Meskipun hanya menggunakan material sederhana rumah tetap terlihat mewah.

  1. Mengkombinasikan gaya modern dengan bata merah

Meskipun penggunaan bata merah telah umum digunakan namun ada beberapa alternatif untuk menggunakan jenis material lain untuk tampilan gaya rumah modern. Bisa dengan menggunakan bata ringan, batako, hebel, bata roster, purpose made dan lainnya.

  1. Menambah furniture aksesoris dinding bata merah sebagai hiasan

Maksimalkan dinding bata merah rumah sebagai hiasan. Kita bisa berkreasi dengan bentuk pemasangan dinding bata merah. Menyusunnya dengan bentuk berdiri, berongga, zig zag, dan bentuk lainnya tentu ini juga berfungsi sebagai ventilasi rumah yang baik. Atau anda bisa mengembangkan ide-ide kreatif lain dalam menyusun dinding bata merah rumah anda.

Kekurangan Bata Merah Pada Exterior Rumah

Mengaplikasikan bata merah sebagai material bangunan/rumah ternyata memiliki kekurangan. Hal ini seperti dikutip oleh www.homestratosphere.com.

  • Berpori, sehingga menyerap kelembaban yang bisa menghasilkan jamur
  • Kurang tahan lama karena mudah retak jika terkena benturan keras
  • Biaya lebih mahal karena membutuhkan perekat yang terbuat dari campuran pasir dan semen
  • Harus sering dibersihkan karena mudah berdebu
  • Harus cepat pemasangannya karena perekatnya mudah mengering dan keras

Banyak rumah dengan menggunakan bahan bangunan batu bata merah sebagai material utama konstruksi rumah. Bata merah memiliki kelebihan harganya yang murah, tahan lama, dan mudah didapat. Oleh karena itu bata merah selalu dipakai untuk membangun rumah dan kini telah berkembang berbagai desain rumah bata merah. Bukan hanya sebagai material dinding saat ini bata merah memberikan kesan estetika pada rumah.

Terlepas dari gaya rumah apapun yang anda inginkan, anda tetap harus mengutamakan aspek keamanan dan kenyamanan. Jadi, anda perlu memperhatikan desain dan model rumah bata merah sesuai kebutuhan anda.

Referensi :

  • https://www.homestratosphere.com/houses-with-red-brick-exterior/
  • https://www.archify.com/id/archifynow/inspirasi-pengunaan-batu-bata-ekspose-pada-desain-rumah-modern
Tags: rumah bata merah, Bata Bali, contoh pagar bata expose dan loster, gambar batu bata ekspos, gambar rumah jawa dengan bata tanpa plester, minimalis klasik bata, perpaduan bata merah dan kayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *