Usaha Batu Bata Merah Garut: Peluang & Analisis Bisnis

Usaha Batu Bata Merah Garut: Peluang & Analisis Bisnis

Bisnis atau usaha batu bata merah press di Garut masih memiliki prospek & potensi cerah. Hal ini dibuktikan oleh Alam Jaya yang sukses menjadi produsen bata merah pres online ke Jakarta, Depok, Bekasi, Banten dan seluruh wilayah Jawa barat

Latar Belakang Bisnis Batu Bata

Rumah atau tempat tinggal pada umumnya menggunakan batu bata sebagai bahan dasar bangunannya. Batu bata banyak digunakan sebagai material dinding bangunan perumahan, gedung, pagar, saluran dan pondasi, tiang atau penyangga/pemikul beban yang ada diatasnya.

Pesatnya pembangunan sektor properti (perumahan) menjadikan permintaan batu bata semakin meningkat. Bagi pabrik batu bata, hal ini merupakan peluang usaha karena bisa ikut andil dalam pengadaan material bangunan di sektor tersebut.

Latar belakang usaha di atas dapat anda jadikan sebagai contoh kata pengantar proposal usaha batu bata.

Modal usaha batu bata merah

Hal lain yang menjadikan bata bata sebagai peluang usaha yang menjanjikan adalah karena proses pembuatannya mudah, biaya investasi/modal yang sedikit dan bahan baku yang cukup berlimpah.

Alat produksi bata merah

Peralatan yang diperlukan untuk produksi batu bata yang bagus terdiri dari:

  • Cangkul
  • Pencetak Batu Bata
  • Mesin Penggiling batu bata
  • Mesin Pembakar atau Tungku Pembakaran
  • Kayu Bakar, batu bara atau sekam padi.

Bahan baku pembuatan bata merah

Sementara bahan baku hanya terdiri dari

  • Tanah Liat
  • Air
  • Abu sisa pembakaran

Proses pembuatan batu bata

Usaha cetak batu batu tergolong sederhana prosesnya. Tanah liat yang sudah diramu dicetak dalam dalam mesin pencetak, lalu dijemur dan proses terakhir adalah pembakaran bata. Mudah bukan, usaha pembuatan batu bata merah?

Usaha Batu Bata Merah Garut: Peluang & Analisis Bisnis

Foto dan gambar pembuatan batu bata AJ Super

Cara mempromosikan usaha batu bata

Jika anda lakukan analisis SWOT usaha pembuatan bata merah, maka salah satu ancaman (threat) keberlangsungan usaha terletak di awal. Bila anda tidak mempunyai rencana yang bagus dan pembukuan keuangan yang baik maka usaha anda bisa berantakan.

Berikut ini adalah beberapa cara mempromosikan usaha pembuatan bata merah:

  1. Membuat brosur dan leafleat usaha dan memasangnya di tempat strategis
  2. Mengirimkan proposal penawaran supply bata untuk proyek properti
  3. Membuat website, mengotimasi web secara SEO dan mempromosikannya lewat iklan Google atau Facebook

Kendala Bisnis batu bata

Wirausaha buat batu bata bukanlah sebuah usaha yang tanpa kendala. Wawancara dengan pengusaha seringkali memunculkan masalah seperti keterbatasan bahan baku dan proses pengeringan saat musim hujan

Beberapa peneliti mencoba mengembangkan alternatif pengganti bahan baku dan proses pembakaran. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengatasi persediaan jenis bahan baku tanah liat yang semakin menurun dan mencegah polusi udara akibat pembakaran. Memang, secara umum pelaku usaha kecil menengah batu bata masih menjalankan proses pembuatan secara tradisional.

Beberapa penelitian tersebut berhasil menemukan alternatif/pengganti bahan baku tanah liat, yaitu kotoran sapi. Peneliti lainnya menemukan suatu ramuan yang dapat mengeringkan bata tanpa perlu dilakukan penjemuran.

Analisis usaha batu bata merah sederhana

Seorang produsen batu bata membuat batu bata dengan biaya tetap per bulan sebesar 16-18 juta per bulan. Analisa usaha pembuatan bata merah dengan asumsi berikut:

  • Harga jual batu bata Rp. 320 per buah
  • Kapasitas produksi 75 ribu buah per bulan

Maka hasil penjualan batu bata per bulan nyata adalah Rp. 24 juta. Penjualan tersebut dikurangi dengan biaya operasional antara 16 juta sampai 18 juta per bulan

Seorang pengusaha batu bata bisa membukukan keuntungan sekitar 6 juta sampai 8 juta per bulan.

Semoga makalah dan laporan singkat tentang usaha pembuatan bata merah ini bermanfaat buat anda. Silakan baca logo & profil Alam Jaya Garut untuk mengetahui lebih jauh tentang usaha kami.

Tags: usaha batu bata, usaha bata merah, bisnis batu bata, usaha batu bata merah, bisnis bata merah, peluang usaha batu bata, usaha batu bata tradisional, bisnis batu bata merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *