Proses/Cara & Tungku Tempat Pembakaran Batu Bata Merah

Proses/Cara & Tungku Tempat Pembakaran Batu Bata Merah

Tempat pembakaran batu bata (lio) dengan desain tungku yang baik adalah salah satu proses/cara membakar batu bata agar merah. Cara menyusun bata merah untuk dibakar juga diperhatikan sehingga suhu proses pembakaran merata. Supaya pengaruh panas pada waktu membakar batu bata merata, anda dapat menggunakan sekam padi.

Alam Jaya Garut, selaku produsen bata merah expose & bata press berkualitas (tahan api) akan jelaskan proses pembakaran bata merah.

Proses & Tempat Pembakaran Batu Bata Merah itu Krusial

Proses/Cara & Tungku Tempat Pembakaran Batu Bata Merah

Dari seluruh rangkaian proses pembuatan batu bata dari tanah liat, tahap pembakaran adalah tahap yang paling menentukan (krusial). Berhasil tidaknya usaha pembuatan batu bata merah ditentukan oleh proses pembakaran. Baca artikel kami tentang bahan dasar pembuatan bata merah yang baik.

Jika pembakaran batu bata gagal, maka pengusaha akan mengalami kerugian total. Alasannya adalah bahan pembuatan batu bata (tanah liat) hanya dapat dibakar sekali. Jika batu bata tidak matang sepenuhnya, maka bahan pembuatan batu bata tersebut tidak dapat dimatangkan lagi dengan pembakaran yang kedua. Jika dipaksakan pun, akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Cara bakar batu bata biar merah diawali dengan penyusunan bata mentah yang baik. Selain itu, pastikan bahwa bata dalam kondisi kering maksimal setelah dijemur matahari.

Cara Menyusun Bata Merah Untuk Dibakar

Pembakaran batu bata dapat didahului dengan menyusun batu bata secara bertingkat. Berikut ini susunan bata mentah yang akan dibakar dengan kayu bakar.

  1. Bagian bawah tumpukan bata mentah diberi terowongan untuk kayu bakar.
  2. Bagian samping tumpukan bata ditutup dengan batu bata setengah matang yang merupakan sisa dari proses pembakaran sebelumnya atau batu bata yang sudah jadi.
  3. Bagian atas tumpukan bata mentah ditutup dengan sekam & batang padi kering, lalu dilapisi dengan lumpur tanah liat basah.

Penyusunan tumpukan bata mentah ini akan sangat terbantu bila ukuran bata seragam dan standar. Alam Jaya Garut memproduksi bata merah press dan expose dengan ukuran standard. Hubungi kami untuk informasi harga jual terbaru.

Cara Membuat Tungku Pembakaran Bata Merah

Pengrajin bata garut umumnya menggunakan rumah pembakaran bata merah modern yang disebut LIO. Bahan bakar yang digunakan bukanlah gas, tetapi kayu bakar.

Kayu bakar untuk membakar bata dimasukkan ke dalam tungku. Desain tungku pembakaran batu bata yang baik akan membuat panas merata dan bata menjadi merah warnanya. Tungku tersebut diibaratkan pintu sebuah rumah. Berikut ini adalah tahapan cara membuat tungku pembakaran bata mentah biar merah:

  1. Siapkan bata mentah kering
  2. Buat tumpukan bata kanan kiri dengan jumlah seimbang
  3. Buat jarak yang cukup untuk memasukkan kayu bakar antar tumpukan
  4. Pada bagian atas mulut tungku, letakkan setengah batu bata menggantung kanan dan disambungkan dengan bata menggantung sebelah kiri
  5. Tindih bata pembentuk terowongan tersebut dengan batu bata mentah di atasnya

Cara Membakar Batu Bata Agar Merah

Mengapa hasil pembakaran batu bata ada yang merah (matang) ada yang tidak merah? Merah tidaknya hasil pembakaran bata merah dipengaruhi oleh merata tidaknya suhu pembakaran.

Pastikan batu bata mentah kering maksimal

Untuk mengeringkan bata mentah, maka anda cukup menjemurnya di terik matahari. Pada saat musim kemarau, proses penjemuran bata mentah dari tanah liat itu memerlukan waktu sekitar 2 (dua) hari. Namun, saat musim hujan, proses penjemuran bata mentah dari tanah liat itu bisa memakan waktu hingga sepekan (7 hari) lebih.

Gunakanlah bahan bakar yang nilai kalornya tinggi

Pengrajin batu bata biasanya memakai sekam padi (kulit biji padi) untuk membakar batu bata merah. Sekam padi ini bisa menelusup diantara tumpukan bata mentah sehingga panas dapat terdistribusi merata.

Penggunaan sekam padi sebagai bahan bakar akan memerlukan waktu pemakaran yang lebih lama dibandingkan kayu bakar. Beberapa pengrajin yang pakai sekam padi perlu waktu hingga satu minggu.

Nilai kalor bahan bakar yang lebih rendah akan menghasilkan suhu panas yang lebih rendah. Orang teknik, kita mengenal istilah nilai kalor, M Syamsiro alumni UGM menyebutkan di Kompasiana bahwa kayu bakar memiliki nilai kalor lebih tinggi dibandingkan dengan sekam padi.

Gunakan kayu bakar yang benar-benar kering

Sebaiknya anda menggunakan jenis kayu bakar dari tanaman keras, seperti potongan tanaman jati. Hindari kayu yang lunak seperti pohon randu. Nilai kalor kayu bakar dari tanaman keras lebih tinggi daripada kayu empuk.

Selain itu, pastikan kayu bakar tersebut kering dan tidak lapuk. Agar kayu tahan terhadap pelapukan maka harus dijemur hingga kering sehingga kadar air sangat rendah. Rendahnya kadar air dalam kayu akan mematikan bakteri atau mikroorganisme pemakan kayu.

Terapkan proses pembakaran batu bata yang baik

Proses terakhir proses pembuatan batu bata adalah membakar bata mentah dari tanah liat yang telah dijemur hingga kering. Cetakan tanah liat yang sudah berbentuk persegi panjang itu ditata sedemikian rupa di atas tungku pembakaran.

Masukkan kayu bakar ke dalam tungku pembakaran dan bakar hingga menyala. Saat awal pembakaran biasanya orang memasukkan tela (singkong). Setelah matang singkong bakar dinikmati selama proses pembakaran. Nikmat

Saat kayu bakar tersebut berubah menjadi bara api, maka bagian tungku dapur (lubang tempat pembakaran) ditutup dengan lumpur tanah liat. Tujuanya adalah agar panas dan semburan api selalu menganga dalam tungku bata.

Proses pembakaran ini memakan waktu 1-2 hari tergantung jumlah bata yang dibakar. Saat musim hujan, proses pembakaran batu bata merah memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan musim kemarau.

FAQs Proses Pembakaran Batu Bata

Apa nama tempat pembakaran bata merah?

Lio

Apa bahan bakar yang digunakan untuk membakar batu bata mentah?

Anda bisa menggunakan sekam padi kering dan kayu bakar. Saran kami gunakan kayu bakar dari jenis tanaman keras seperti limbah penggergajian kayu jati. Alasannya adalah nilai kalornya lebih tinggi dibandingkan dengan sekam.

Berapa lama proses pembakaran batu bata?

Proses pembakaran batu bata memerlukan waktu 1-2 hari, bergantung pada jumlah bata yang dibakar. Saat musim hujan, proses pembakaran batu bata merah memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan musim kemarau.

Tags: cara membakar bata merah, cara membakar batu bata, tempat pembakaran batu bata, cara membakar batu bata merah, pembakaran batu bata, proses pembakaran batu bata, pembakaran bata merah, cara bakar bata merah, pembuatan batu bata, cara menyusun pembakaran bata merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *