Proses Pembuatan Batu Bata Merah dari Tanah Liat

Teknik dan proses pembuatan batu bata merah dari tanah liat di pabrik Alam Jaya Garut dilakukan dengan cara sederhana (tradisional). Cara membuat batu bata merah press dan expose Garut AJ Super melalui beberapa tahapan, meliputi persiapan alat dan bahan, penggalian bahan mentah, pengolahan bahan, pembentukan/pencetakan dengan mesin press, pengeringan, pembakaran, pendinginan dan pemilihan (seleksi) bata merah berkualitas bagus.

Tahukah anda, bahwa alat, bahan dan cara pembuatan batu bata akan mempengaruhi kualitas batu bata merah yang diproduksi? Untuk bisa membuat batu bata merah berkualitas baik, maka anda perlu tahu juga ciri-ciri bata merah yang bagus.

Pada hari ini Rabu, 4 Agustus 2021 produsen bata merah Garut akan menjelaskan bagaimana proses pembuatan batu bata merah secara manual di pabrik.

Pendahuluan

Dunia arsitektur terus berkembang seiring berjalannya waktu. Model rumah kekinian pun terus menawarkan inovasi, baik secara bentuk hingga penggunaan material konstruksi. Dari sisi bahan bangunan misalnya, bermunculan bahan baku yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Semisal ventilasi dari botol bekas, roster dari bambu, hingga pondasi dari kontainer bekas.

Namun, tak selamanya semua berubah. Ada hal-hal yang tetap sama. Semisal penggunaan bata merah. Tidak mengherankan informasi mengenai harga bata merah berkualitas hingga cara membuat bata merah yang baik senantiasa dicari.

Bata merah termasuk dari sekian jenis material konstruksi yang sering digunakan. Sejarah bata merah di dunia cukup panjang, mulai dari zaman Fir’aun hingga sekarang. Ini artinya bata merah merupakan rekomendasi bahan bangunan yang patut Anda pertimbangkan.

Standar Mutu Bata Merah Menurut SII-0021-78

  • Batu bata harus mempunyai rusuk-rusuk yang tajam dan siku
  • Bidang sisinya harus datar
  • Tidak menunjukan retak-retak dan perubahan bentuk yang berlebihan
  • Tidak mudah hancur atau patah
  • warnanya seragam
  • berbunyi nyaring bila dipukul

Alat dan Bahan Untuk Membuat Batu Bata Merah

  • Tanah liat
  • Pasir
  • Abu atau serbuk bata merah
  • Sekam atau kulit padi
  • Air
  • Kayu
  • Cangkul
  • Alat cetak atau mesin press
  • Dapur/tungku pembakaran

Itulah daftar alat dan bahan pembuatan batu bata merah di pengrajin lokal. Untuk membuat batu bata digunakan teknik cetak dan press. Berikut ini kami uraikan cara membuat batu bata mereah press dari tanah liat secara sederhana dan detil.

Cara Membuat Batu Bata Merah secara Sederhana

Proses Pembuatan Batu Bata Merah dari Tanah Liat
  1. Siapkan tanah liat atau tanah lempung yang merupakan bahan baku pembuatan batu bata
  2. Bersihkan tanah liat tersebut dari kerikil, sampah atau batu kecil
  3. Beri sedikit air
  4. Aduk sehingga menjadi adonan siap cetak
  5. Cetak adonan tanah liat menggunakan cetakan atau mesin press sehingga berbentuk kotak persegi panjang. Cetakan batu bata biasanya terbuat dari kayu yang secara sederhana dibuat menjadi kotak.
  6. Keluarkan dari cetakan
  7. Taburkan abu/pasir/serbuk bata merah
  8. Jemur di bawah matahari dengan naungan sampai kering.
  9. Bakar di dalam lio atau tungku pembakaran
  10. Pendinginan bata hingga suhu ruang

Proses Pembuatan Batu Bata Merah Secara Detail

Kualitas bata merah terbaik didapatkan melalui proses pembuatan bata merah yang benar. Ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam proses produksi batu bata merah, yaitu:

  1. Menyiapkan bahan pembuatan batu bata merah
  2. Proses pembuatan bahan mentah menjadi bahan baku batu bata
  3. Proses mencetak bata merah dengan mesin press atau cetakan manual
  4. Proses pengeringan bata merah
  5. Proses pembakaran bata merah
  6. Proses pendingingan bata merah
  7. Proses pengiriman dan distribusi bata merah ke customer

Untuk tahap 2 dalam cara membuat bata merah yang baik telah kami tuliskan di postingan terpisah. Selanjutnya kita lanjutkan ke tahap pembentukan bata merah dengan mesin press atau cetakan manual.

Menyiapkan bahan pembuatan bata merah

  1. Siapkan lubang atau bak pengolahan untuk mengaduk tanah liat
  2. Masukkan tanah liat, sekam padi juga air ke dalam lubang pengadukan.
  3. Dengan menggunakan cangkul, adukan tanah liat digiling bolak-balik hingga menghasilkan tekstur yang halus. Namun, perlu diperhatikan agar tekstur tanah liatnya tidak sampai lembek. Ini akan membuatnya sulit dicetak.

Berikut ini adalah video proses pencampuran bahan baku dan bahan campuran pembuatan bata merah.

Proses/cara mencetak batu bata merah dengan mesin press

  1. Pindahkan adonan tanah liat ke area pencetakan. Tambahkan abu sekam secukupnya ke dalam adonan tanah. Tujuan penambahan abu sekam ini agar adonan bata merah tidak lengket ketika dicetak.
  2. Cetak bata merah menggunakan alat cetak.

Proses pembuatan batu bata merah press dengan mesin cetak sangat berhubungan langsung dengan kualitas bata yang dihasilkan. Berikut ini adalah video proses pencetakan bata merah menggunakan mesin press

Pengeringan Bata Mentah

Bata merah yang sudah dicetak selanjutnya dikeringkan dengan cara dijemur. Agar cepat mengering pembuatan batu bata harus dijemur di ruang terbuka. Biarkan udara dan panas membuatnya kering. Proses ini membutuhkan waktu yang relatif lama, antara 2-7 hari, dan bergantung pada kondisi bata merah dan cuaca.

Penjemuran batu bata pada musim kemarau (cuaca panas) akan lebih cepat bila dibandingkan pada musim hujan. Oleh karena itu, sebaiknya pembuatan batu bata tepat dilakukan pada saat cuaca panas atau musim kemarau.

Lama penjemuran batu bata di musim hujan bisa 2-3 kali lebih lama dibandingkan musim kemarau. Jadi, apa manfaat cuaca panas pada pembuatan batu bata makin jelas, yakni membuat proses penjemuran lebih cepat dan produktivitas pembuatan bata meningkat.

Setiap pembuat batu bata memiliki cara khusus untuk memilih dan mengolah tanah liat. Jawaban dari pertanyaan mengapa tanah liat yang sudah dicetak harus dikeringkan adalah untuk menurunkan kadar air sehingga ketika pembakaran panas dapat merata dan menjadi merah sempurna.

Cara buat batu bata merah agar tidak retak itu tidak mudah. Salah satu tahap krusialnya adalah di proses pengeringan. Jika matahari terlalu terik, maka bata merah akan cepat kering di luar dan di dalam masih basah. Pengeringan yang tidak merata inilah yang menjadi salah satu penyebab bata merah retak setelah dibakar. Inilah video proses pengeringan bata merah. Bata mentah dijemur dan dibalik sehingga kering merata.

Setelah melewati proses pengeringan, bata merah itu dibakar dalam tungku untuk membuatnya kuat dan tahan lama. Bata merah yang bagus akan keras, tahan api, tahan terhadap pelapukan, dan cukup murah, sehingga berperan penting dalam membuat dinding dan lantai.

Menyusun Bata Merah di Tungku Pembakaran (Lio)

Sebelum dibakar, bata mentah perlu disusun di dalam tungku pembakaran (lio), baik yang modern maupun tradisional. Untuk mendapatkan bata merah yang matang sempurna, pengrajin perlu memperhatikan cara menyusun bata merah untuk dibakar.

Inilah video cara penyusunan bata merah di tungku pembakaran

Tahap Pembakaran Bata Merah

cara pembakaran batu bata merah

Sumber: https://www.flickr.com

  1. Bata merah mentah yang sudah kering disusun ke dalam tungku/dapur pembakaran.
  2. Siapkan tungku pembakaran sebaik mungkin. Tutup semua celah dengan kerikil dan sekam padi.
  3. Masukkan kayu ke lubang bawah pada susunan bata merah lalu dibakar. Pastikan apinya tidak meredup. Penambahan kayu bakar perlu dilakukan secara berkesinambungan agar pembakaran tetap berlanjut tanpa henti. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 7 hari untuk membakar kurang lebih 50.000 bata merah.
  4. Ketika bata merah sudah terbakar secara merata, akan terlihat asap atau udara yang membara pada susunan bata merah paling atas.
  5. Sebelum dibongkar dari dapur pembakaran, siramkan sekam padi pada bagian atas susunan bata merah, kemudian tunggu 24 jam untuk pendinginan.
  6. Setelah dingin, bata merah dapat dikeluarkan dari tungku pembakaran.
  7. Bata merah sudah jadi dan siap digunakan atau dijual.

Inilah video pembakaran batu bata merah

Pembongkaran Lio

Setelah bata merah dingin, maka lio atau tempat pembakaran bata merah dibongkar. Selanjutnya, bata merah pun siap dikirimkan ke alamat pelanggan. Ini adalah video proses pembongkaran lio dan loading ke atas truk.

Kesimpulan

Batu bata merah merupakan salah satu bahan dasar dalam membuat tembok/dinding rumah, gedung atau jenis bangunan lain yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kegunaan batu bata sangat penting dalam proses membangun rumah baru maupun merenovasi rumah yang sudah lama.

Oleh karena itu, usaha pembuatan batu bata merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Agar dapat mencapai kesuksesan dalam bisnis produksi bata merah, maka anda perlu memperhatikan hal-hal penting dalam cara pembuatan batu bata merah.

Dalam proses produksi bata merah melibatkan kegiatan seperti mencetak tanah, mengeringkan dan membakarnya biar menjadi merah. Pengetahuan tentang komposisi campuran tanah liat, pasir dan kapur yang tepat diperlukan oleh pengrajin batu bata.

Pabrik batu bata terbaik di Garut tersebut menerima permintaan/pembelian batu bata merah yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Dapatkan contoh gratis bata merah yang dikirimkan dari Garut. Siapa tahu Anda ingin menggunakan bata merah untuk keperluan konstruksi rumah atau bangunan Anda.

Semoga tulisan tentang cara membuat bata merah yang baik ini bermanfaat buat anda. Kami harap Anda semakin tahu mengenai bata merah yang bagus itu seperti apa. Dengan demikian, Anda pun semakin bijak ketika akan membeli bata merah.

Daftar Pustaka

  • Admin. (2016, April 07). Cara Pembuatan Batu Bata Merah secara Manual. Retrieved August 04, 2020, from https://arafuru.com/sipil/cara-pembuatan-batu-bata-merah-secara-manual.html
  • Admin. (2018, March 31). BETON INSTAN INDIKON – BETON SIAP PAKAI. Retrieved August 04, 2020, from http://www.anekabangunan.com/tips-memilih-bata-merah-berkualitas-baik/
  • Somantri, K. (2020, April 24). Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih. Retrieved August 04, 2020, from https://www.batamerahgarut.com/tips-memilih-batu-bata/
  • Proses Pembuatan Batu Bata Merah. (2018, August 30). Retrieved August 04, 2020, from https://www.batubatamerahwelahan.com/blog/proses-pembuatan-batu-bata-merah
Tags: Cara mencetak adonan batu bata merah, Cara membuat mesin adonan batu bata, cara pengadukan adonan tanah untuk bahan bata merah, Pembuatan bata merah secara manual dan sederhana, ringkasan dari bata merah dari tanah liat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *