Proses Pembuatan Batu Bata Merah dari Tanah Liat Garut

Proses Pembuatan Batu Bata Merah dari Tanah Liat Garut

Proses pembuatan batu bata merah dari tanah liat di pabrik Alam Jaya Garut mulai dari persiapan alat dan bahan, pencetakan, pengeringan, hingga pembakaran. Untuk bisa membuat batu bata merah berkualitas baik, maka anda perlu tahu juga ciri-ciri bata merah yang bagus.

Beruntungnya, semuanya dibahas oleh produsen bata merah Garut secara tuntas di artikel ini

Pendahuluan

Dunia arsitektur terus berkembang seiring berjalannya waktu. Model rumah kekinian pun terus menawarkan inovasi, baik secara bentuk hingga penggunaan material konstruksi. Dari sisi bahan bangunan misalnya, bermunculan bahan baku yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Semisal ventilasi dari botol bekas, roster dari bambu, hingga pondasi dari kontainer bekas.

Namun, tak selamanya semua berubah. Ada hal-hal yang tetap sama. Semisal penggunaan bata merah. Tidak mengherankan informasi mengenai bata merah berkualitas hingga cara membuat bata merah yang baik senantiasa dicari.

Bata merah termasuk dari sekian jenis material konstruksi yang sering digunakan. Mulai dari zaman kakek nenek hingga sekarang. Ini artinya bata merah merupakan rekomendasi bahan bangunan yang patut Anda pertimbangkan.

Kriteria Bata Merah yang Berkualitas Baik

Kriteria Bata Merah yang Berkualitas Baik untuk ekspos

Sumber: unsplash.com

Apakah Anda pernah melihat desain rumah dengan bata merah? Ya, bata merah kerap digunakan sebagai material dinding rumah. Selain digunakan sebagai material dinding rumah, bata merah tanpa plester juga meningkatkan estetika. Terlebih jika Anda memasang bata merah pada dinding luar. Rumah Anda seketika terlihat seperti perumahan di kawasan Eropa. Klasik, elegan serta tampak gagah.

Untuk itu, jika Anda hendak memasang bata merah, Anda perlu mengetahui ciri-ciri bata merah terbaik. Bahan bangunan ini memang terbilang murah dibandingkan material lain, namun terkadang kualitasnya belum tentu teruji. Itu sebabnya Anda perlu cermat memilih bata merah berkualitas.

Jika Anda mencari informasi kriteria bata merah yang baik, Anda dapat menemukannya pada artikel ini. Boleh teruskan baca ya.

Permukaan bata merah mulus dan tidak retak

Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih

Seperti bahan baku pada umumnya, kualitas bata merah bisa Anda lihat secara visual. Bata merah yang baik memiliki permukaan yang mulus juga tidak retak. Namun, bisa saja bata merah yang Anda lihat sedikit tidak rata, ini tak mengapa. Bisa jadi ini dibuat secara manual. Namun, ada toleransi yang bisa dimaklumi. Jika permukaannya terlalu bergelombang dan retaknya terlihat di mana-mana, Anda sebaiknya menghindari membeli bata merah seperti ini.

Ukuran bata merah seragam dan presisi

Dari sekian cara membuat bata merah yang baik, bata merah yang dicetak dengan mesin memiliki kualitas yang lebih unggul daripada proses manual. Salah satu alasannya: bata merah yang dicetak oleh mesin memiliki ukuran yang seragam dan akurat. Jadi, tidak ada ketimpangan ukuran antara bata merah yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membangun dinding atau tembok yang rapi, disarankan memilih bata merah dengan ukuran yang sama. Ini merupakan salah satu kriteria bata merah yang baik.

Tingkat kepadatan bata merah tinggi (keras)

Bata Merah Berkualitas Bagus dan Cara Memilihnya

Bata merah berkualitas memiliki tingkat kepadatan yang tinggi serta benar-benar kering. Ciri-ciri bata merah seperti ini menandakan kekuatan yang dimiliki. Semakin kering dan padat, maka bata merah tersebut dipastikan kuat sebagai material bangunan. Tentu kualitas bata merah seperti ini yang Anda cari, bukan?

Bata merah yang benar-benar kering dan kokoh didapati melalui proses penjemuran serta pembakaran hingga titik maksimal. Untuk mengecek kualitas bata merah dengan kriteria ini, Anda dapat mengetuk atau menggesek potongan besi pada bata merah. Jika terdengar bunyi nyaring, ini pertanda bata merah tersebut berkualitas baik. Namun, jika suara yang muncul kurang nyaring, Anda perlu curiga dengan kualitas bata merah tersebut.

Pilih bata merah yang daya serap airnya rendah

Bata merah yang baik memiliki daya serap air yang rendah. Jika Anda memasang bata merah sebagai dinding luar atau tembok pagar, pastikan bata merah yang dipasang berkualitas tinggi. Ini disebabkan area tersebut rentan terkena air hujan. Bata merah yang baik memiliki daya serap air di bawah 30%. Sehingga Anda tak perlu khawatir dinding atau pagar Anda merembes atau tingkat kepadatannya berkurang terkena air.

Daya serap air pada bata merah juga berkaitan dengan jumlah adukan air serta semen saat pemasangan. Jika daya serap bata merah terlalu tinggi, ini pertanda lemahnya ikatan antara bata dengan adukan semen. Ini merupakan kriteria bata merah yang kurang baik.

Berbanding terbalik jika daya serap bata merah terhitung rendah. Ini akan memudahkan pengikatan ketika melakukan pemasangan bata merah pada dinding.

Warna merah merata pada seluruh bata

batu bata merah yang berkualitas bagus

Kriteria bata merah berkualitas memiliki warna merah yang merata, mulai dari permukaan hingga ke dalam bata merah. Jika Anda menemukan bata merah seperti ini, artinya cara membuat bata merahnya telah berjalan sesuai prosedur. Salah satunya saat tahap pembakaran. Selain kering dan padat, hasil dari pembakaran bata merah yang maksimal terlihat pada warna merahnya yang dominan dan merata.

Jika Anda hendak memilih bata merah, Anda bisa melihat warnanya. Jika warna bata merah terlihat lesu atau pucat, bisa jadi bata merah tersebut bermutu kurang baik. Namun, jika Anda menemukan bata merah dengan warna merah yang menyala, bisa dipastikan itu ciri-ciri bata merah berkualitas tinggi.

Cara Membuat Bata Merah yang Baik

proses pembuatan batu bata merah dari tanah liat secara tradisional

Kualitas bata merah terbaik didapatkan melalui proses pembuatan bata merah yang benar. Ada beberapa hal yang perlu dicermati ketika membuat bata merah berkualitas, mulai dari mutu bahan baku hingga tahapan-tahapan yang dikerjakan dengan presisi.

Jika Anda sedang membaca sampai di sini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai cara membuat bata merah yang baik. Apa-apa saja langkahnya? Bisa simak tulisan di bawah ini.

Alat dan Bahan Produksi Bata Merah

  • Tanah liat
  • Sekam atau kulit padi
  • Air
  • Kayu
  • Cangkul
  • Alat Cetak
  • Dapur/tungku pembakaran

Proses Pencetakan Bata Merah

  1. Siapkan lubang untuk mengaduk tanah liat.
  2. Masukkan tanah liat, sekam padi juga air ke dalam lubang pengadukan.
  3. Dengan menggunakan cangkul, adukan tanah liat digiling bolak-balik hingga menghasilkan tekstur yang halus. Namun, perlu diperhatikan agar tekstur tanah liatnya tidak sampai lembek. Ini akan membuatnya sulit dicetak.
  4. Pindahkan adonan tanah liat ke area pencetakan. Tambahkan abu sekam secukupnya ke dalam adonan tanah. Tujuan penambahan abu sekam ini agar adonan bata merah tidak lengket ketika dicetak.
  5. Cetak bata merah menggunakan alat cetak.
  6. Bata merah yang sudah dicetak dikeringkan dengan cara dijemur. Bata merah disusun di area terbuka, lalu biarkan udara dan panas membuatnya kering. Proses ini membutuhkan waktu yang relatif, antara 2-7 hari. Tergantung kondisi bata merah juga cuaca.

Tahap Pembakaran Bata Merah

cara pembakaran batu bata merah

Sumber: https://www.flickr.com

  1. Bata merah mentah yang sudah kering disusun ke dalam tungku/dapur pembakaran. Siapkan tungku pembakaran sebaik mungkin. Tutup semua celah dengan kerikil dan sekam padi.
  2. Masukkan kayu ke lubang bawah pada susunan bata merah lalu dibakar. Pastikan apinya tidak meredup. Penambahan kayu bakar perlu dilakukan secara berkesinambungan agar pembakaran tetap berlanjut tanpa henti. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 7 hari untuk membakar kurang lebih 50.000 bata merah.
  3. Ketika bata merah sudah terbakar secara merata, akan terlihat asap atau udara yang membara pada susunan bata merah paling atas.
  4. Sebelum dibongkar dari dapur pembakaran, siramkan sekam padi pada bagian atas susunan bata merah, kemudian tunggu 24 jam untuk pendinginan.
  5. Pada esok hari, bata merah dapat dikeluarkan dari tungku pembakaran.
  6. Bata merah sudah jadi dan siap digunakan atau dijual.

Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi terbaru dan terlengkap tentang bata merah berkualitas. Termasuk cara membuat bata merah yang baik. Kami harap Anda semakin tahu mengenai bata merah yang bagus itu seperti apa. Dengan demikian, Anda pun semakin bijak ketika akan membeli bata merah.

Siapa tahu Anda ingin menggunakan bata merah untuk keperluan konstruksi rumah atau bangunan Anda.

Daftar Pustaka

  • Admin. (2016, April 07). Cara Pembuatan Batu Bata Merah secara Manual. Retrieved August 04, 2020, from https://arafuru.com/sipil/cara-pembuatan-batu-bata-merah-secara-manual.html
  • Admin. (2018, March 31). BETON INSTAN INDIKON – BETON SIAP PAKAI. Retrieved August 04, 2020, from http://www.anekabangunan.com/tips-memilih-bata-merah-berkualitas-baik/
  • Somantri, K. (2020, April 24). Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih. Retrieved August 04, 2020, from https://www.batamerahgarut.com/tips-memilih-batu-bata/
  • Proses Pembuatan Batu Bata Merah. (2018, August 30). Retrieved August 04, 2020, from https://www.batubatamerahwelahan.com/blog/proses-pembuatan-batu-bata-merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *