Bahan Pembuatan Batu Bata Merah: Bahan Baku & Campuran

Ada 2 jenis bahan pembuatan batu bata merah, yaitu bahan baku/utama/dasar dan bahan campuran. Bahan utama untuk membuat batu bata adalah tanah liat (lempung), sedangkan campuran bahan bata merah adalah pasir, abu, kapur, sekam, atau serbuk gergaji. Perlu diingat bahwa, bahan tambahan campuran bahan pembuatan batu bata adalah bersifat opsional.

Komposisi yang pas antara bahan baku pembuatan batu bata dan bahan campuran (tambahan) akan menghasilkan batu bata merah berkualitas terbaik. Salah satu cirinya adalah bahan tersebut berdenting saat diketuk, tidak terlihat adanya retakan (pecah) dan warnanya kemerahan (matang sempurna).

Pada kesempatan kali ini hari Minggu, 24 Oktober 2021, kami dari Alam Jaya Garut, selaku produsen bata merah AJ Super Garut akan mengulas jenis bahan utama untuk membuat batu bata merah dan campurannya.

Apakah Bahan Dasar Membuat Batu Bata Merah?

Bahan Baku Pembuatan Batu Bata Adalah Tanah Liat. Batu bata merah terbuat dari tanah liat yang dicetak, dikeringkan kemudian dibakar sehingga teksturnya menjadi pejal dan berwarna kemerahan. Bahan campuran yang digunakan dalam pembuatan bata merah diantaranya adalah abu pembakaran, pasir, dll.

Batu bata merah adalah batu buatan yang terbuat dari tanah liat dengan atau tanpa bahan campuran, dikeringkan dengan dijemur di bawah terik matahari atau oven selama beberapa hari kemudian dibakar pada temperatur tinggi hingga mengeras dan tidak hancur bila direndam dalam air. Perlu diketahui bahwa bahan dasar membuat batu bata adalah tanah liat (lempung, clay).

Pabrik batu bata membuat batu bata dari bahan tanah liat. Alasan pemilihan tanah liat sebagai bahan pembuatan batu bata adalah ketersediaan jenis tanah ini yang cukup banyak sehingga harganya murah. Menurut pengrajin, jenis tanah yang paling baik untuk bahan baku pembuatan batu bata, gerabah dan genting adalah tanah liat.

Tanah liat sebagai bahan dasar batu bata (baik itu bata merah press, bata merah expose/ekspos, bata merah bolong, roster, dll) memiliki sifat plastis dan susut kering. Untuk memperbaiki spesifikasi bata merah tertentu beberapa produsen menambahkan cairan atau bahan pengeras bata merah seperti keramik yang tahan api sebagai salah satu bahan penyusun batu bata.

Tanah Liat: Bahan Dasar Pembuatan Batu Bata Merah

Tanah liat adalah Bahan baku Pembuatan Batu Bata Merah

Salah satu bahan untuk membuat batu bata merah adalah tanah liat (lempung). Di atas telah disebutkan bahwa, tanah liat sebagai bahan baku batu bata memiliki sifat plastis dan susut kering.

Sifat plastis pada tanah liat berperan penting dalam proses awal pembuatan batu bata merah, yakni pada saat pembuatan adonan dan pencetakan. Sifat plastis tanah liat juga berhubungan dengan susut kering pada saat bata dikeringkan. Oleh karena itu, kedua sifat pada tanah liat tersebut berpengaruh pada kekuatan, penyusutan, dan kualitas bata merah hasil pembakaran.

Untuk menambah wawasan, kami rekomendasikan anda membaca artikel kami tentang cara pengolahan tanah sebagai bahan baku batu bata merah.

Komposisi kimia tanah liat

Kandungan kimia penyusun tanah liat adalah partikel mineral dengan backbone silikat yang diameternya kurang dari 4 mikrometer (mikron). Menurut Wikipedia, tanah liat mengandung leburan silika dan aluminium halus. Tanah liat terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan aktivitas panas bumi. Warna tanah liat biasanya hitam keabuan.

Karakteristik fisik tanah liat

Karakteristik tanah liat yang terlihat secara fisik adalah:

  • bersifat liat (lengket)
  • tidak mudah menyerap air
  • warna hitam keabu-abuan

Kini, anda sudah tahu apakah bahan baku untuk membuat batu bata adalah tanah liat.

Kami berikan soal contoh perhitungan volume pembuatan batu bata dengan cetakan. Pak husin membuat batu bata dari tanah liat. Cetakan yang digunakan mempunyai ukuran bagian dalam panjang 20 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 5 cm. Berapa volume tanah liat yang harus diisikan dalam cetakan itu?

Jawabanya adalah volume = panjang x lebar x tinggi = 20 cm x 10 cm x 5 cm = 1000 centimeter kubik (cm3)

Campuran Bahan Bata Merah

Bahan-bahan untuk membuat batu bata merah bisa menggunakan bahan campuran atau tanpa bahan campuran. Hal tersebut bergantung pada kondisi tanah liat yang digunakan. Campuran bahan-bahan membuat batu bata adalah pasir, abu sekam, sekam padi, kapur. Berikut penjelasannya

Pasir

Pasir sebagai Bahan Dasar Pembuatan Batu Bata Merah

Fungsi pasir sebagai bahan pembuatan bata merah adalah untuk mengurangi penyusutan dan mempermudah pengeringan. Jika batu bata merah hanya terbuat dari tanah liat saja, maka setelah proses pembakaran akan ditemukan bata merah yang mengalami penyusutan ukuran cukup signifikan. Selain itu, cara bakar bata merah pres yang kurang tepat dapat menyebabkan bata jadi melengkung dan retak.

Beberapa ciri bata merah yang buruk adalah retak, ukuran yang tidak seragam (cetakan tidak presisi), dan bentuk bata melengkung. Saat membeli bata merah, anda perlu menghindari bata merah seperti itu. Baca juga ukuran standar bata merah buatan AJ Super Garut.

Tetapi perlu diingat, bahwa terlalu banyak pasir dalam campuran akan menyebabkan bata menjadi getas (mudah patah) dan lemah. Sebaiknya anda tidak memilih bata yang terlalu banyak pasir.

Salah satu penyebab bata merah mudah retak adalah komposisi campuran yang kurang tepat, yakni kurangnya pasir dalam adonan bata. Jika tidak ada pasir, anda bisa menggantinya dengan bubuk bata merah.

Abu/serbuk bata merah dan sekam padi

Manfaat abu sekam (atau serbuk bata merah) dan sekam padi sebagai bahan campuran batu bata merah adalah untuk pembentuk pori-pori dan memperkuat kuat tarik/tekan bata merah. Jadi, agar tanah liat memiliki kualitas yang baik sebelum digunakan biasanya ditambah dengan abu sisa pembakaran kayu bakar. Abu tersebut berfungsi untuk merekatkan (perekat) kandungan dalam tanah liat.

Inilah video proses pembuatan bahan campuran bata merah

Serbuk kayu

Serbuk kayu yang merupakan limbah penggergajian kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan batu bata merah, dengan prosentase campuran sebesar 10%. Bata yang dihasilkan lebih ringan namun memiliki kekuatan yang sama dengan bata tanpa serbuk kayu. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian Sri Handayani berjudul KUALITAS BATU BATA MERAH DENGAN PENAMBAHAN SERBUK GERGAJI yang dimuat dalam jurnal TEKNIK SIPIL & PERENCANAAN, Nomor 1 Volume 12 – Januari 2010.

Kapur

Komposisi campuran bata merah yang baik perlu mengandung kapur dalam jumlah cukup. Kapur berfungsi untuk membantu pelelehan butir-butir pasir dan membantu mengikat butir-butir tanah (perekat).

Nah, dengan adanya kapur ini maka akan dihasilkan bata dengan kekuatan yang baik dan tekstur permuakaan bata yang halus.

Kapur sebagai campuran dalam membuat bata haruslah berupa serbuk. Jika berupa butiran atau bongkahan kapur, maka yang terjadi adalah ketika pembakaran kapur akan menjadi kapur tohor (rumus kimia CaO). Kapur tohor ini jika terkena air akan bereaksi dan mengembang, pengembangan kapur tohor dalam bata ini akan menyebabkan bata menjadi retak.

Jadi, cara mengatasi tanah liat yang retak adalah menambahkan pasir dan kapur dengan jumlah yang cukup.

Setelah mengetahui tentang jenis bahan batu bata merah dan fungsinya, selanjutnya kita bahas proses pembuatan bahan mentah menjadi bahan baku batu bata.

Bila anda memerlukan bata merah berkualitas terbaik, tanpa pewarna, silakan hubungi Alam Jaya Garut. Ke depan, Alam Jaya akan menjual bata interlock dan bata tempel expose. Usaha pembuatan Alam Jaya Garut ini telah memasuki generasi ke-2 dengan sistem manajemen yang lebih rapi.

Alam Jaya jual bata merah expose dan press kualitas terbaik untuk Bekasi Bogor Depok Jakarta Tangerang Bandung dan wilayah kabupaten kota di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Semoga web ini berguna bagi anda.

Tags: cara membuat bata merah, cara membuat bata merah tanpa bakar, bata merah tanpa bakar, bata tanpa bakar lengkap, cara membuat batu bata, cara membuat batu bata tanpa dibakar, cara pembuatan bata merah, alkali bata merah, mesin bata merah, proses pembuatan batu bata merah

7 Comments

  1. mengenai pembuatan batubata merah tanpa di bakar bagaimana pak ? kalau saya baca beberapa artikel , bahannya : alkali bata merah ? apa itu ? belinya dimana ? trimakasih

  2. oh ya , campuran pasir , tanah liat , kapur , alkali bata merah berapa perbandingannnya pak ??? maav pertanyaan menyusul ,,,,

  3. Salam kenal ..
    kami ingin bekerja sama dengan anda
    dan mohon bisa minta contoh batu merahnya yang tanpa bakar
    Pak trims

  4. Assalamu’alaikum
    Salam kenal ..
    kami ingin bekerja sama dengan anda
    dan mohon bisa minta contoh batu merahnya yang tanpa bakar
    Pak trims

  5. Selamat Siang, Perkenalkan nama saya Benhard,
    Saya mau bemitra untuk usaha batu bata di daerah saya.. kira2 bagaimana pak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *