Dinding Bata Merah dan Perbandingan dg Jenis Bata Lainnya

Dinding Bata Merah dan Perbandingan dg Jenis Bata Lainnya

Dinding bata merah tanpa plester (expose, ekspos) memang terlihat unik. Jika dinding rumah anda sudah dicat dan anda ingin menampilkan desain dinding kekinian, maka anda bisa memasang wallpaper batu bata merah atau batu alam.

Saat ini ada berbagai jenis batu bata di Indonesia yang memiliki ukuran, bentuk, harga dan warna berbeda-beda. Bagi masyarakat biasa, secara sekilas batu bata tampak sama.

Kali ini batamerahgarut.com akan mengulas berbagai variasi dinding bata merah untuk rumah.

Macam-macam Variasi Dinding Rumah

Variasi jenis dinding bata merah untuk rumah sebagai gaya interior yang menonjolkan kesan rustic dan industrial

sumber : dekoruma.com

Keragaman jenis batu bata di pasaran jangan sampai membuat anda bingung. Hendaknya pilih jenis batu bata yang sesuai dengan kebutuhan rumah anda. 

Namun, saat ini mulai banyak masyarakat yang mengenal berbagai jenis batu bata, sehingga kebutuhan material untuk dinding rumah mulai bervariasi. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan jenis material batu bata dengan gaya interior dinding pada rumah anda.

Pada umumnya, masyarakat Indonesia lebih banyak memilih batu bata yang terbuat dari tanah liat yakni bata merah. Selain harganya terjangkau, bata merah juga mudah didapatkan. Pasalnya, di Indonesia banyak produsen atau pabrik yang memproduksi bata merah dalam bentuk usaha industri skala kecil atau UKM.

Sebelum membeli bata merah, anda perlu menghitung jumlah kebutuhan untuk dinding dan pagar rumah anda. Baca cara menghitung kebutuhan bata merah di artikel ini.

Dinding Bata Merah Plester

Desain Dinding Bata Merah Tanpa Plester/Expose & Dicat

Dinding bata merah plester merupakan dinding dengan material bata merah yang ditutup dengan plester. Plester dilakukan agar memberikan tampilan dinding yang rapi, bersih, serta tidak menimbulkan kesan berantakan dari penampilan dinding. 

Dinding rumah yang dibangun menggunakan bata merah akan memunculkan warna merah kecoklatan. Warna ini terkadang memunculkan kesan gelap pada ruangan. Jika ditutup dengan plester kemudian diberi cat atau wallpaper, maka cenderung menghilangkan kesan gelap tersebut.

Dinding yang dilapisi plester membuatnya lebih awet. Bata merah akan terlindung dari sinar matahari dan air hujan, terutama bagian eksterior rumah. Kegunaan lain dinding bata merah yang diplester adalah dapat mengurangi resiko keretakan pada dinding dan menutup susunan bata merah yang kurang rapi pada saat pemasangan.

Dinding bata merah yang diberi plester

sumber : homify.co.id

Umumnya, plester dinding terbuat dari adonan semen, pasir dan air. Campuran bahan ini biasa dikenal dengan “mortar semen”. Komposisi bahan dibuat sesuai dengan kualitas ketahanan dinding yang ingin dihasilkan.

Harga dinding bata merah plester 1 m2 untuk ukuran bata merah 10 x 20 x 5 dalam hitungan sipil adalah 86.567 rupiah harga tersebut sudah termasuk spesi mortar perbandingan 1 : 5.

Dinding Bata Merah Tanpa Plester (Ekspos)

Rumah dinding bata merah tanpa plester

sumber : majalahsri.com

Dinding jenis ini merupakan dinding yang dibuat dari bata ekspos (tanpa plester). Bata merah dibiarkan terekspos baik warna, tekstur dan bentuknya. Penggunaan bata ekspos akan memberi kesan hangat, rustic, industrial pada dinding. Di perumahan berkonsep modern design, bata ekspos menunjukan sisi tradisional khas Indonesia. 

Tidak seperti dinding bata merah dengan lapisan plester, dinding bata ekspos tidak diberikan finishing berupa acian atau plester karena itu dinding ini disebut dengan bata ekspos.

Harga dinding bata ekspos cukup mahal. Namun, sebanding dengan kerapihan bentuk dan teksturnya yang halus. Anda bisa membeli bata ekspos dengan harga 2.300 rupiah per biji. Silahkan cek harga terbarunya di bataekspos.net.

Jika anda berminat memilih bata ekspos sebagai dinding rumah, maka anda perlu tahu bahwa dinding bata ekspos memerlukan perawatan ekstra. Pasalnya, bila tidak tidak dilakukan perawatan maka bisa cepat keropos dan menggerogoti struktur bangunan.

Dinding Bata Merah di Cat

Rumah dengan dinding bata merah di beri cat atau pelapis

sumber : pinterest.com

Anda perlu memperhatikan ketahanan dinding bata merah agar bisa bertahan lama dan awet. Dinding bata merah yang dilapisi cat (coating) ini menjadi solusi agar dinding rumah bisa bertahan lama, awet dan tidak mudah ditumbuhi jamur. 

Cat coating bata merah tidak akan menghilangkan kesan alami pada bata merah. Untuk memberikannya perlindungan agar kondisi dinding tetap halus dan tahan lama, plester campuran semen dan pasir saja tidak cukup jadi perlu dilapisi cat coating

Ada juga jenis coating yang disebut dengan “Clear coating” fungsinya melindungi bata merah namun bisa tetap terekspos atau transparan (clear). Anda hanya perlu membeli cat pelapis coating ini dengan harga kisaran 100.200 rupiah hingga 114.000 rupiah.

Dinding Bata Merah Dengan Wallpaper

Rumah dengan dinding bata merah wallpaper

sumber : desaignrumahcantik.com

Dinding bata merah memang memerlukan perawatan khusus. Belum lagi jika menggunakan batu bata merah jenis terakota yang harganya lebih mahal dari batu bata merah biasa. Bagi anda yang terbiasa kerja cepat dan simpel pasti tidak mau repot memilih jenis batu bata yang sesuai. Mendekorasi rumah juga bukan pekerjaan yang mudah apalagi butuh biaya mahal. 

Alternatif pilihan untuk menampilkan dinding bata merah ini dengan cara menggunakan wallpaper bermotif bata merah alami. Cukup dengan mengaplikasikan pada sisi ruangan seperti dapur, ruang keluarga maupun ruang makan dengan wallpaper ini, maka gaya interior rustic sekaligus vintage mudah anda dapatkan. 

Harga wallpaper dinding bata merah yakni sekitar 50.000 rupiah per 10 meter. Anda bisa membelinya di beberapa marketplace.

Perbandingan Dinding Bata Merah Vs Batako Vs Hebel

PembandingBata merahBatakoHebel
Bahan pembuatanTanah liatCampuran semen dan pasir kasarPasir, semen, kapur, gypsum, air dan alumunium
Harga satuan600-800 rupiah3.000 rupiah10.000 rupiah
Biaya pemasangan63.470/m260.000/m286.650/m2
Harga per m250.750 rupiah54.000 rupiah83.300 rupiah
KeunggulanAwet dan tahan terhadap apiKedap airMenyerap suhu panas

4 Tips Membeli Batu Bata

Tips membeli batu bata merah

sumber : batamerahgarut.com

Membangun rumah sendiri membuat anda bebas menentukan jenis dinding batu bata yang digunakan. Namun, pastikan anda memilih jenis batu bata yang benar-benar memiliki kualitas bagus. Kami berikan tips dalam membeli batu bata berikut ini.

  • Amati bentuk batu bata saat anda berada di depan toko bangunan. Ketika anda melihat ada banyak batu bata yang hancur, pecah dan retak maka bisa jadi kualitasnya rendah. 
  • Cara yang kedua tes kualitas bata dengan cara menggesekan potongan besi pada bata. Jika muncul suara denting yang nyaring, bisa dipastikan bata tersebut berkualitas bagus.
  • Untuk mengeceknya secara mendalam, anda bisa meminta sampel batu bata di toko tersebut. Belah batu bata menjadi dua jika terdapat warna merah yang merata, berarti batu bata tersebut memiliki ketahanan yang bagus dan awet karena melalui proses pembakaran yang sempurna.
  • Cara yang terakhir, dengan menimbang batu bata catat beratnya. Cobalah untuk merendamnya dalam air selama 24 jam dan timbang kembali. Jika berat batu bata setelah direndam tidak lebih dari 20% dari berat awal, batu bata tersebut berkualitas baik.

Bagaimana cara memilih batu bata yang bagus ?

Cara memilih batu bata yang bagus
  1. Membeli batu bata pada 1 penjual saja. Membeli batu bata pada lebih dari satu penjual seringkali anda akan mendapatkan batu bata yang berbeda-beda ukurannya. Tentu saja jika digunakan akan membuat permukaan dinding kurang rapi.
  2. Batu bata yang bagus memiliki ukuran yang seragam, permukaan yang rata dan rapi. Hindari memilih batu bata yang ukurannya terlihat berbeda satu sama lain. Hal itu akan menyulitkan proses pemasangan.
  3. Batu bata yang bagus biasanya memiliki permukaan yang halus karena terbuat dari tanah liat yang bagus. Pastikan anda memilih batu bata yang asli terbuat dari tanah liat tanpa campuran bahan apapun. Saat ini ada beberapa penjual yang mencampur tanah liat dengan abu batu bara, pasir kali, dan tanah yang jelek.
  4. Anda perlu melihat detail warnanya seperti yang telah kami jabarkan pada tips di atas. Warna batu yang bagus adalah merah tua. Hal itu menandakan batu bata telah melalui proses pembakaran yang sempurna sehingga membuatnya bisa bertahan lama dan awet.
  5. Tahan terhadap air. Apabila batu bata yang anda gunakan berkualitas buruk dan plester lapisannya pun tidak bagus maka batu bata akan cepat lapuk dan mudah ditumbuhi jamur. Untuk mengujinya cobalah untuk merendam batu bata pada air. Kemudian lihatlah hasilnya.
  6. Tidak mudah hancur

Anda perlu memperhatikan bahwa batu bata yang bagus terbuat dari tanah liat asli tanpa campuran apapun. Batu bata akan memiliki ketahanan dan tidak mudah hancur jika terbuat dari tanah liat. Untuk mengetahuinya anda bisa coba menjatuhkan batu bata pada ketinggian 1 meter jika batu bata yang asli pasti tidak akan hancur. 

Memilih batu bata yang tepat untuk dinding anda memang relatif gampang-gampang susah. Berbagai produsen batu bata yang ada di Indonesia menjadikan jenis batu bata ini beragam. Anda hanya perlu memilih batu bata sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa perhatikan tips di atas agar tidak salah membeli batu bata. 

Referensi :

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/mengenal-jenis-jenis-dinding-rumah-dan-cara-merawatnya-20471
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/kelebihan-bata-putih-dan-bedanya-dengan-bata-merah-26385
  • https://inspirasihidup.atavist.com/cara-menghitung-kebutuhan-batu-bata-merah-untuk-rumah-anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *