Jenis Pasangan Bata untuk Dinding: Kelebihan & Kekurangan

Jenis Pasangan Bata untuk Dinding: Kelebihan & Kekurangan

Jenis pasangan bata untuk dinding ada beberapa macam. Cara pemasangannya pun disesuaikan dengan jenis dinding yang dibuat. Apakah struktural, non struktural atau hanya sebagai dinding partisi.

Dalam artikel ini, batamerahgarut.com akan membahas tentang fungsi dinding, jenis dinding, dan macam-macam pasangan bata untuk dinding serta kelebihan dan kekurangan bata merah.

Yuk baca selengkapnya ya guys.

Fungsi Dinding

Jenis Pasangan Bata Untuk Dinding dan Cara Pemasangannya

sumber : medcom.id

Dinding merupakan salah satu elemen rumah yang penting, membatasi satu ruang dengan ruang lainnya, dan melindungi rumah dari bagian luar. Tak hanya itu dinding juga berfungsi untuk :

  • Melindungi rumah dari bagian luar rumah
  • Penahan cahaya, angin, hujan, debu dan bahaya lain dari luar alam di sekeliling rumah
  • Pembatas ruang yang bersifat pribadi dan ruang yang bersifat umum
  • Menjadi nilai tambah estetika rumah dengan gaya interior
  • Fungsi arsitektur dalam desain rumah

Jenis-jenis dinding

Tahukah anda ? Dinding memiliki 3 jenis berdasarkan fungsinya. 

Dinding struktural

Jenis-jenis dinding rumah

sumber : shahed-barmada.com

Dinding ini berfungsi sebagai struktur bangunan (Bearing wall). Memiliki ketahanan untuk menopang atap namun sama sekali tidak menggunakan cor beton. Umumnya material dinding ini terbuat dari batu bata merah menggunakan plester yaitu campuran pasir, semen dan air dengan perbandingan tertentu. 

Dinding non-struktural

Jenis-jenis dinding rumah

sumber : hargacat.com

Dinding ini bukan untuk menopang beban tetapi hanya sebagai pembatas. Bila dinding ini roboh maka bangunan tetap berdiri. Dinding pembatas juga berfungsi sebagai pelindung rumah dari alam luar. Material dinding non-struktural terbuat dari batu bata, batako, bata ringan, kayu, kaca dan lain-lain.

Dinding partisi/penyekat

Jenis dinding rumah

sumber : webstorenhi.com

Dinding ini hanya sebagai penyekat antar ruang di dalam rumah. Namun, bila anda menerapkan gaya interior minimalis pada rumah anda dinding ini bisa dijadikan aksen penambah estetika. Menggunakan berbagai macam material anda bisa menggunakan jenis batu bata yang sesuai di antaranya adalah batu bata ekspos, roster, batu bata terakota. Dinding penyekat juga bisa dibuat dari material kaca.

Jenis Pasangan Bata Merah untuk Dinding

Berbagai jenis pasangan batu bata

sumber : asdar.id

Pasangan batu bata adalah batu bata yang disusun sedemikian rupa dengan menggunakan campuran adukan pasir dan semen. Teknik pemasangan batu bata tersebut membentuk konstruksi utuh pada bangunan. Pemasangan batu bata pada dinding rumah merupakan pekerjaan yang mudah namun membutuhkan keahlian dan ketelitian. 

Pada dasarnya pasangan batu bata yang tidak tepat akan merugikan anda. Dinding cenderung jadi mudah retak, mengelupas, bergelombang dan lebih parah dinding bisa roboh. Lalu apa saja jenis pasangan bata ? Berikut kami paparkan di bawah ini.

Pasangan bata trasram

Pasangan bata trasram

sumber : arsitur.com

Trasram adalah jenis dinding bata yang bersifat anti air, karena kedap air maka trasram terletak paling bawah, tepat di atas sloof. Trasram lazimnya digunakan untuk ruangan yang sering basah misalnya kamar mandi dan dapur. 

Pasangan bata trasram berhubungan langsung dengan bagian bawah bangunan yang banyak mengandung air. Kerap kali air dapat merembes ke dalam pasangan bata biasa dan membuat ruangan jadi basah. Hal itu tentu membuat ruangan terasa tidak nyaman karena tumbuhnya jamur dan lumut. 

Untuk membuat dinding kedap air maka bata trasram ini material yang tepat. Anda bisa membuat trasram dengan campuran 1 PC : 2 Pasir. Untuk dinding normal trasram kedalamannya 0,20 m di bawah lantai hingga 0,20 m di atas lantai. Biaya pemasangan bata trasram sekitar 60.000 rupiah per meter persegi.

Pasangan bata 1 batu

Pasangan bata 1 batu

sumber : mukarramwahid.com

Pasangan bata 1 batu merupakan pasangan bata secara melintang dengan panjang bata sebagai tebal dinding. Pasangan bata 1 batu disusun dengan perekat atau adukan spesi 1 PC : 1 PS artinya dengan perbandingan adukan satu bagian semen, ditambah dengan empat bagian pasir. Setelah itu dicampur dengan air secukupnya sampai menjadi adukan spesi yang bisa dipakai. Namun, pada saat ini tidak ada lagi atau jarang yang menggunakan dinding pasangan bata 1 batu.

Pasangan bata ½

Jenis Pasangan 1/2 bata

sumber : pusdikmin.com

Pasangan bata ½ merupakan pemasangan bata secara memanjang dengan lebar bata merah sebagai tebal dinding. Pasangan bata ½ adalah pemasangan dinding bata yang dilekatkan dengan mortar, spesi atau adukan dengan perbandingan campuran 1 bagian semen : 2 bagian pasir. Pasangan bata ½ biasanya untuk area basah seperti dapur dan kamar mandi karena bersifat kedap air. 

Hitungan biaya pekerjaan pemasangan bata ½ dengan adukan spesi 1:2 per meter persegi meliputi biaya material (Bata merah, semen, pasir, dan alat bantu), dan upah pekerja. Jadi, total biaya pemasangan diperkirakan 110.900 rupiah.

Pasangan bata ⅓ 

Jenis pasangan bata 1/3

sumber : smkn1gambut.ucoz.com

Pasangan bata ⅓ artinya pekerjaan pemasangan dinding bata yang dipasang menggunakan mortar, spesi atau adukan dengan perbandingan 1 bagian semen : 3 bagian pasir. Dalam analisa harga satuan pekerjaan dinding bata didapatkan kesimpulan biaya pemasangan bata ⅓ sebesar 91.818 rupiah.

Pasangan bata ¼ 

Pasangan bata 1/4

sumber : docplayer.info

Pasangan bata ¼ artinya pemasangan dinding bata yang dipasang menggunakan spesi adukan dengan perbandingan 1 bagian semen : 4 bagian pasir. Analisa hitungan biaya pemasangan bata ¼ yakni 102.200 rupiah, harga tersebut sudah ditambah upah pekerja.

Pasangan bata rollag

Rollag adalah pasangan bata yang dipasang dalam keadaan berdiri.

sumber : dokumen.tips

Rollag adalah pasangan bata yang dipasang dalam keadaan berdiri. Pemasangan rollag berbentuk setengah lingkaran, gothic atau cengkeh. Namun, bentuk lain bisa dikreasikan sesuai keinginan anda. Tujuan dilakukan pemasangan bata rollag adalah :

  • Untuk memasang dinding batu bata dengan baik dan benar
  • Untuk mengukur kedataran dan ketegakan dengan menggunakan waterpass
  • Membuat pondasi sederhana yang fungsinya dapat menyalurkan beban, tetapi tidak sekuat pondasi batu biasa

Pasangan bata rollag dibuat dengan perbandingan campuran 1:4 dengan air secukupnya. 

Pasangan bata per m2

Pasangan bata per m2

sumber : metodebangunan.blogspot.com

Pasangan bata per meter persegi merupakan pengerjaan pemasangan bata pada dinding 1 m2. Hal ini harus dilakukan perhitungan agar pemasangan bata pada dinding dapat dilakukan dengan baik. Bagi anda yang ingin mengetahui cara menghitung jumlah bata merah per meter persegi berikut kami berikan metodenya dilansir dari laman lihatlagi.com.

Dengan metode hitung langsung

Dengan metode ini anda tidak perlu menggunakan rumus. 

  • Pertama ukur dinding sepanjang 1 m2 
  • kemudian hitung berapa jumlah keseluruhan batanya dalam 1 m2 tersebut. Namun, hal ini bisa dilakukan hanya jika bata merah belum diplester
  • Setelah dilakukan penghitungan langsung biasanya pada 1 m2 dinding terdapat 70 buah bata dengan ukuran 19 cm dan tebal 5 cm.

Dengan menghitung ukuran bata

  • Umumnya bata merah memiliki ukuran panjang 19 cm, lebar 9 cm, dan tebal 5 cm. Maka kita dapat mengetahui jumlah pemakaian bata merah per meter dinding.
  • Panjang dan tebal bata merah ditambah dengan perekat atau adukan kurang lebih 2 cm (tergantung pada ketebalan perekat) jadi panjangnya menjadi 21 cm dan tebal 7 cm. 
  • Menghitung pemasangan bata dalam horizontal per meter dengan cara 100 cm / 21 cm = 4,75 bulat kan menjadi 5 bata merah
  • Menghitung pemasangan bata dalam vertikal dengan cara 100 cm / 7 cm = 14,2 dibulatkan menjadi 14 buah bata
  • Sekarang anda dapat menghitung jumlah kebutuhan bata merah untuk 1 m2 yakni 5 x 14 = 70 buah bata. 

Perlu anda perhatikan bahwa ukuran bata tidak selalu sama perbandingan selisih ukuran ini disebabkan karena produksi bata dari masing-masing kota berbeda-beda sesuai dengan kebiasaan daerah tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata

Beberapa Kelebihan dan kekurangan batu bata

sumber : pixabay.com

Batu bata menjadi bahan bangunan yang tak kenal waktu sebab telah digunakan sejak zaman dulu hingga saat ini. Batu bata juga mudah didapatkan, awet dan memiliki ketahanan yang bagus dalam membangun rumah. Banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam membangun rumah, begini kelebihan dan kekurangan batu bata : 

Kelebihan batu bata

  • Batu bata merah merupakan material yang kedap air cocok digunakan bagi rumah yang dikelilingi air
  • Memiliki ketahanan yang bagus, awet dan tidak mudah retak. 
  • Mampu menyerap suhu panas sehingga membuat udara dalam ruangan tetap sejuk
  • Harganya yang murah dan mudah didapat karena banyak diproduksi di berbagai kota di Indonesia
  • Batu bata yang dibiarkan terekspos tanpa plester atau acian memberikan gaya industrial yang natural

Kekurangan batu bata

  • Membutuhkan keahlian khusus dalam pemasangan batu bata 
  • Waktu pemasangannya lebih lama dibandingkan material yang lain
  • Jika anda membeli batu bata yang kualitasnya rendah, dinding akan mudah rusak dan retak
  • Rentan ditumbuhi jamur jika batu bata tidak dilapisi cat coating

Kesimpulan

Pemasangan bata dalam membangun dinding rumah merupakan pekerjaan yang butuh perhatian. Dalam pemasangannya butuh kerapian, ketelitian, dan keahlian pada proses perekatan bata dengan adukan atau spesi. Bukan hanya itu perlu diperhatikan juga dari segi kekuatan, ketegakan dinding dan pengaruh kesikuan ruangan. Belum lagi anda juga perlu efisiensi dalam penggunaan material agar tidak terjadinya kesalahan pemasangan dan bertambahnya pengeluaran biaya.

Referensi :

  • https://www.arsitur.com/2019/06/pengertian-trasram-fungsi-jenis-bahan.html
  • http://www.hdesignideas.com/2014/04/dinding-pasangan-batu-bata-dalam.html
  • https://www.rumahmaterial.com/2014/09/analisa-harga-satuan-pasangan-dinding.html
  • https://lihatlagi.com/jumlah-bata-merah-per-1-meter-persegi/
Tags: ddinding batu bata, jenis bearing yang bagus language:id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *