Standar Ukuran Batu Bata Merah Press & Expose sesuai SNI

Tahukah anda, standar ukuran batu bata merah press & expose sesuai SNI di Indonesia? Pelaku usaha jual beli material bangunan, mengenal dimensi ukuran batu bata merah dalam kategori ukuran kecil, standar (biasa/sedang) dan jumbo/besar. Perbedaan ukuran dimensi bata merah tersebut dapat menyebabkan perbedaan harga jual bata merah di pasaran dan jumlah batu bata per meter persegi yang dibutuhkan di suatu proyek properti atau konstruksi dinding rumah sendiri.

Ukuran batu bata merah menurut standar nasional Indonesia (SNI 15-2094-2000) adalah terbagi ke dalam 6 modul. Menurut SNI, size atau ukuran batu bata yang standar adalah 22 cm X 11 cm X 5 cm. Namun, fakta di pasaran menunjukkan bahwa ukuran bata merah seringkali tidak sesuai standar SNI tersebut.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah ukuran bata merah yang terbaik untuk konstruksi bangunan itu ukuran kecil, biasa/standar, atau ukuran jumbo (besar)? Buat anda yang mencari informasi tentang ukuran standar batu bata merah, maka artikel ini sangat pas buat anda.

Kali ini Rabu, 4 Agustus 2021 kami dari tim Alam Jaya, supplier bata merah Garut akan menjelaskan ukuran bata merah standar SNI dan ukuran bata merah produksi kami.

Standar Ukuran Batu Bata Merah Sesuai SNI

Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia telah menetapkan peraturan baku mutu bata merah, terkait ukuran standar bata merah. Regulasi SNI tersebut dimulai dari SII 0021 tahun 1978, PUBI tahun1982, NI-10 Tahun 1984, SNI 2094 tahun 2000, hingga SNI 6861.1 2002.

Ukuran Panjang, Lebar dan Tebal Bata Merah dalam milimeter

Tabel dimensi ukuran bata merah standar dalam SNI 15-2094-2000 tentang Bata Merah Pejal untuk Pasangan Dinding dapat anda lihat di bawah ini.

ModulPanjang (mm)Lebar (mm)Tinggi (mm)
M – 5a190 ± 490 ± 365 ± 2
M – 5b190 ± 4100 ± 365 ± 2
M – 6a230 ± 5110 ± 452 ± 3
M – 6b230 ± 5110 ± 655 ± 3
M – 6c230 ± 5110 ± 670 ± 3
M – 6d230110 ± 680 ± 3

Jika ukuran bata dalam mm (milimeter) diubah menjadi cm (centimeter), maka akan seperti tabel ukuran batu bata merah dalam cm berikut. Dilihat dari tabel ukuran batu bata standar dan toleransinya diketahui bahwa bata merah kecil berukuran panjang 19 cm (toleransi 0,4 cm), lebar 9 cm (toleransi 0,3 cm) dan tinggi atau tebal 6,5 cm (toleransi 0,2 cm), sedangkan bata merah ukuran jumbo/besar memiliki panjang 23 cm, lebar 13 cm (toleransi 0,6 cm) dan tinggi 8 cm (toleransi 0,3 cm).

Ukuran Panjang, Lebar dan Tebal Bata Merah dalam centimeter

Modul ukuran batu bata merahPanjang (cm)Lebar (cm)Tinggi (cm)
Ukuran bata merah M – 5a19 ±0. 49 ± 0.36.5 ± 0.2
Ukuran bata merah M – 5b20 ±0. 410 ± 0.36.5 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6a23 ±0. 511 ± 0.45.2 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6b24 ±0. 511 ± 0.65.5 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6c25 ±0. 512 ± 0.67 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6d2313 ± 0.68 ± 0.3

Di dalam dokumen SNI 6897:2008 tentang Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Dinding untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan disebutkan bahwa ukuran standar bata merah adalah 22 cm X 11 cm X 5 cm. Inilah jenis bata yang lazim disebut dengan ukuran bata merah biasa.

Dengan demikian, bata merah yang sesuai standar SNI 15-2094-2000 memiliki rentang dimensi:

  • panjang batu bata merah = 19 cm – 25 cm
  • lebar batu bata merah = 9 cm – 13 cm
  • tinggi atau tebal batu bata merah = 5 cm – 8 cm

Dengan mengetahui ukuran bata merah SNI, maka anda dapat memilih bata merah yang tepat & terbaik untuk konstruksi rumah atau bangunan anda.

Standar Ukuran Batu Bata Merah di Pengrajin/Pabrik

Ukuran Batu Bata Merah Press Alam Jaya Garut
Gambar ilustrasi ukuran bata merah

Namun dalam prakteknya di lapangan, setiap pengrajin mempunya cetakan sendiri yang tidak standar. Terutama, batu bata yang dibuat secara manual bukan mesin press. Tak jarang, ditemukan ukuran bata press yang berbeda di antara pengrajin. Akibatnya adalah ukuran bata merah yang dihasilkan tidak sesuai SNI.

Bapak Wisnu Murti dosen Universitas Brawijaya menemukan bata merah ukuran kecil dan jumbo di beberapa tempat di Jawa Timur. Rinciannya adalah sebagai berikut

  • Bata merah daerah Ngawi memiliki ukuran mendekati modul M-5
  • Bata merah daerah Dau (Malang) memiliki ukuran mendekati modul M-6
  • Bata merah daerah Mojokerto berukuran mendakati modul M-5B tapi tinggi atau tebalnya tidak sesuai SNI
  • Bata merah daerah Welahan (Semarang) berukuran mendekati M-5

Ukuran Pasang Bata Merah untuk Kolom Dinding

ukuran pasang bata merah

Ukuran bata standar untuk dinding rumah dengan memperhitungkan spesi (1 cm) adalah panjangnya sama dengan 2 kali lebar ditambah 1 cm, atau rumusnya (P = 2L + 1 cm).

Lalu, berapa ukuran bata merah press AJ Super buatan pabrik Alam Jaya Garut dalam cm? Ini dia jawabannya…

Ukuran Bata Merah Produksi AJ Super Garut

Pusat bata merah Garut, Alam Jaya Super juga memproduksi jenis bata merahp ress untuk plester dinding dan expose dinding.

Ukuran bata merah press AJ Super

Batu bata merah press AJ Super tersebut diproduksi dengan mesin press. Ukuran batu bata pres AJ Super adalah panjang 21 cm, lebar 10 cm dan tinggi atau tebal 5.5 cm. Jika diplotkan ke dalam tabel batu bata merah ukuran SNI di atas, maka panjang dan lebar bata merah AJ Super tergolong ke dalam modul M-5b dan tinggi tergolong M-6b.

Ukuran batu bata expose

Bata expose buatan Alam Jaya memiliki ukuran yg sama dengan bata press, yakni panjang bata 21 cm, lebar bata 10 cm dan tebal bata 5,5 cm. Kelebihan bata expose adalah permukaan lebih halus dan lebih presisi sehingga termasuk ke dalam kualitas premium.

Jadi, ukuran bata merah per m2 (ukuran bata merah 1 meter persegi) buatan Alam Jaya berisi sekitar 58-60 bata. Oleh karena itu pasangan bata merah (ukuran standar) seluas 1 m2 pada umumnya memerlukan bata merah sebanyak 60 bata AJ Super.

Alam Jaya adalah produsen/pabrik/grosir bata merah press & expose dari Garut yg telah mendapat sertifikat uji dari Laboratorium Pengujian Balai Besar Keramik di Bandung dengan metode uji SNI 15-2094-2000. Baca juga hasil sni pengujian batu bata AJ Super. Untuk order bata merah super Alam Jaya silakan hubungi kami.

Dinamika Perkembangan Ukuran Batu Bata Merah dari Masa ke Masa

Dimensi ukuran bata mrh (panjang x lebar x tebal) di Indonesia mengalami perkembangan dari masa kemasa. Secara umum, ukurannya semakin mengecil. Salah satu alasan kuat yang mengakibatkan fenomena tersebut adalah harga. Maksudnya adalah, pengusaha bata merah ingin meningkatkan margin keuntungan dengan sumber daya yang terbatas. Persaingan diantara produsen dan supplier bata merah mendorong terjadinya harga bata merah tetap (“cenderung naik) dengan ukuran yang semakin kecil.

Ukuran batubata tahun 1980-an

pada dekade 80-an, batubata yang lazim beredar di Jawa berukuran panjang 20 cm x lebar 10 cm x tinggi/tebal 5 cm bahkan lebih. Persaingan diantara pembuat/pengrajin bata merah masih belum ketat dan keuntungan juga sudah cukup menjanjikan pada waktu itu.

Ukuran bata merah tahun 2000-an

Saat ini, dimensi batu bata merah yang lazim beredar di Jakarta adalah panjang adalah 17-18 cm, lebar 7-7,5 dan tebal 4-4,2 cm.

Penurunan dimensi ukuran bata merah ini adalah suatu hal yang biasa dilakukan produsen di berbagai sektor, termasuk batu bata. Tujuannya adalah untuk menekan biaya produksi sehingga harga jual bata merah tetap terjangkau. Banyak konsumen tidak menyadari bahwa volume bata merah melorot hampir 50%, yang secara logika seharusnya harga pun turun separuhnya.

Batu Bata Ukuran Standar Pabrik Skala Industri Rumah Tangga

Saat ini, ukuran bata ekspos (expose) dan bata press biasa yang beredar dipasaran mempunyai dimensi bervariasi. Beragamnya dimensi bata merah ini dapat dijumpai di beberapa pabrik (industri) pengrajin bata merah, skala lokal atau home industry (usaha skala rumah tangga atau rumahan).

Untuk bangunan properti perumahan warga, ukuran standar batu bata merah yang biasa diproduksi pabrik bata merah adalah adalah :

  1. Panjang 24 cm, Lebar 11,5 cm dan Tebal 5,2 cm
  2. Panjang 23 cm, Lebar 11 cm dan Tebal 5 cm

Penyimpangan yang diijinkan untuk ukuran tersebut adalah : Panjang maksimum 3%, Lebar maksimum 4 % dan Tebal maksimum 5%.

Rekomendasi Supplier Bata Merah Ukuran Teruji SNI

Bila anda sedang mencari dan pengen beli bata merah ukuran standar teruji SNI, maka anda berada di tempat yang tepat. Kami, CV Alam Jaya menjual bata merah kualitas terbaik (type ekspos/expose) & bata merah untuk plesteran dinding. Pabrik kami beralamt di Garut.

Bata merah produksi kami telah mendapatkan sertifikat pengujian dari BBK Bandung. Kami melayani penjualan bata merah bata merah untuk pengiriman ke daerah Bogor, Tangerang, Purwakarta, Bekasi, Depok, Bandung, Jakarta dan daerah lainnya di Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Dapatkan bata merah untuk ekspos dan plester dinding dari produsen terbaik.

FAQs Ukuran Bata Merah

Berapa ukuran batu bata sesuai SNI?

Ukuran tebal bata merah AJ Super Garut

Ukuran batu bata merah sesuai standar SNI 15-2094-2000 adalah panjang bata merah = 19 cm – 25 cm, lebar bata merah = 9 cm – 13 cm, tebal/tinggi bata merah = 5 cm – 8 cm

1 meter persegi berapa bata merah?

Ukuran panjang bata merah AJ Super Garut

Jika ukuran bata merah AJ Super adalah panjang 21 cm, lebar 10 cm dan tinggi/tebal 5.5 cm, maka jumlah bata merah per meter persegi adalah sekitar 58-60 bata

Apakah bata merah AJ Super sesuai standar SNI?

Hasil Pengujian Batu Bata Merah AJ Super Garut

Iya AJ Super sesuai SNI, berdasarkan rentang dimensi ukuran bata merah dalam dokumen SNI SNI 15-2094-2000

Tags: ukuran batu bata, ukuran bata merah, ukuran batu bata merah, ukuran bata, ukuran bata merah standar, ukuran standar batu bata, ukuran batu bata merah standar, ukuran bata standard, ukuran batu bata standar, dimensi batu bata