Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih

Ciri-ciri batu bata merah yang bagus (baik) adalah warna merah merata, tidak ada retak, ukuran seragam, suara nyaring, daya serap air rendah, dan harganya murah. Kenali cara memilih & menguji kualitas bata merah yang bagus (terbaik) sebelum anda membeli untuk membangun rumah anda.

Alam jaya sebagai produsen/pabrik batu bata press dan bata ekspos berusaha menyediakan bata merah kualitas terbaik harga murah. Proses produksinya menggunakan mesin press & pembakarannya menggunakan kayu bakar dan sekam padi. Layanan penjualan pun terus kami tingkatkan untuk kepuasan pelanggan. Percayakan kebutuhan bata merah anda pada merk bata AJ Super Garut.

Namun begitu, bukan berarti batu bata konvensional yang dibuat secara manual oleh pengrajin tidak berkualitas. Perusahaan pabrik bata yang ternama tentu mengedepakan kualitas.

Cara memilih & menguji kualitas batu bata

Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih

Pengujian bata secara visual

Kita hanya perlu ketelitian dalam pengecekan kualitas batu bata. Untuk pengecekan kualitas batu bata merah secara visual dapat dilakukan dengan cara berikut:

Cek retakan bata

Secara visual, pengujian batu bata dapat dilakukan dengan melihat permukaan dan ukuran bata. Jika permukaan rata dan sedikit atau tidak ada retak, maka bata merah tersebut berkualitas baik.

Cek ukuran bata

Jika ukuran bata merah seragam dan presisi maka kualitas bata tersebut bagus.

Cek bata pecah/patah

Jika di sebuah toko bahan bangunan terdapat tumpukan batu bata banyak yang pecah atau patah, maka itu indikasi kualitas batu batanya kurang bagus. Bila kita perhatikan banyak batu bata yang patah atau pecah pada saat di toko material maka batu bata tersebut tidak baik.

Perhatikan pula tumpukan batu bata pada saat baru diturunkan dari mobil pengangkut (truk). Bila banyak batu bata yang patah atau pecah, maka kualitas batu bata tersebut tidak baik.

Uji belah bata

Cara memilih bata merah yang baik adalah dengan membelah batu bata menjadi 2 (dua) bagian. Bila bagian dalam belahan batu bata berwarna merah merata, maka batu bata tersebut baik karena sudah matang sempurna saat pembakaran bata.

Tes suara bata merah dengan diketuk

Batu bata merah yang mempunyai kekuatan tekan yang baik akan memberikan suara dering ketika diketuk. Sebuah suara yang kurang nyaring menunjukkan kualitas batu bata yang rendah.

Untuk mengetahui bata merah bagus ga, dapat dicek dengan cara menggesekan potongan besi pada bata. Bila muncul suara nyaring, maka batu bata tersebut berkualitas baik.

Uji daya serap air batu bata

Daya serap batu bata berkaitan dengan jumlah air adukan pada saat pemasangan di dinding. Daya serap batu bata terhadap air yang tinggi mengindikasikan lemahnya ikatan antara bata dengan adukan semen.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil sebuah batu bata
  2. Timbang bobot batu bata kering tersebut
  3. Rendam batu bata dalam air selama 24 jam
  4. Timbang bata basah (menyerap air)
  5. Hitung selisih bobot bata merah setelah direndam dan sebelum direndam
  6. Bagi selisih tersebut dengan bobot kering dan kalikan dengan 100 persen
  7. Daya serah dalam persen berhasil dihitung

Ikatan antara bata dan spesi dianggap baik bila pada awal (3 menit pertama) pemasangan terjadi pengikatan. Pengujian daya serap batu bata dapat dilakukan dengan standar SNI 021-1978 SNI 15-2094-1991. Hasilnya dibedakan menjadi 2 kelompok.

  • Daya serap bata > 30%. Artinya, Batu bata mempunyai rongga – rongga yang banyak dan kepadatannya kurang. Solusinya: lakukan perendaman sebelum bata digunakan untuk konstruksi.
  • Daya serap bata < 30%. Batu bata mempunyai rongga – rongga yang sedikit serta tingkat kepadatan relatif tinggi. Tidak perlu dilakukan perendaman sebelum bata digunakan untuk konstruksi.

Bila sebuah batu bata menyerap air kurang dari seper sepuluh (10%), maka kualitas batu bata tersebut sangat baik.

Ciri ciri batu bata merah yang bagus

  • Batu bata yang baik harus bebas dari retak, cacat, patah, bersih dari batu (benjolan, kotoran sampah, dll).
  • Batu bata harus seragam dalam ukuran, dengan sudut tajam dan tepi yang rata.
  • Permukaan harus benar dalam bentuk persegi satu sama lain untuk menjamin kerapian pekerjaan pemasangan bata.
  • Warna batu bata merah atau kemerahan
  • Mempunyai ukuran, kuat tekan dan daya serap air yang dipersyaratkan dalam SNI

Kini, anda sudah bisa tuliskan ciri ciri batu bata yang bagus kan? Moga dalam artikel selanjutnya AJ Super Garut ini bisa menulis tentang hebel vs bata merah vs batako bagus mana.

FAQs Bata Merah Garut AJ Super

Berapa ukuran bata merah Garut AJ super?

Ukuran Bata merah AJ Super standar adalah panjang 21 cm, lebar 10 cm dan tebal 5.5 cm

Berapa jumlah batu bata per m2 (dalam 1 meter persegi)?

Jumlah batu bata AJ Super Garut per m2 atau 1 meter persegi adalah sekitar 58-60 batu bata

Berapa harga batu bata merah?

Harga jual batu bata merah di Bandung mulai dari Rp 750,- untuk bata press (plesteran) dan mulai dari Rp 960 untuk bata expose (ekspos). Minimal order untuk luar kota Garut adalah 6000 bata.

Apa itu batu bata ekspos? Apa bedanya dengan bata press biasa?

Bata ekspos/expose adalah jenis batu bata yang dipasang terbuka tanpa ditutup dengan plester (semen aci) sehingga bata tampak seperti adanya. Adapun warna bata ekspos ditentukan oleh bahan pembuatan dan proses pewarnaan

Bata expose dan bata press (plester) berada dalam tungku pembakaran yang sama. Ukurannya pun sama.

Bedanya bata expose dipilih yang presisi dan warnanya yang seragam. Bahkan bata patah pun nyaris tidak ada, kecuali selama pengiriman.

Bata plester tidak disortir seperti bata expose. Hanya bata merah patah 3 yang disortir. Rasio patah dua dalam pengiriman berkisar 1% dari total kiriman.

Tags: bata merah yang bagus, cara memilih batu bata yang baik, Batu bata yang bagus, ciri bata merah yang baik, ciri batu bata yang baik, ciri batu bata yang bagus, batu bata merah yang bagus, cara memilih batu bata yang bagus, cara membedakan bata bagus dengan tidak bagus, batu bata merah kualitas

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *