Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik

Ciri-ciri batu bata merah yang bagus (baik) adalah warna merah merata, tidak ada retak, ukuran seragam, suara nyaring, daya serap air rendah, dan harganya murah. Kenali cara memilih & menguji kualitas bata merah yang bagus (terbaik) sebelum anda membeli untuk membangun rumah anda.

Alam jaya sebagai produsen/pabrik batu bata press dan bata ekspos berusaha menyediakan bata merah kualitas terbaik harga murah. Proses produksinya menggunakan mesin press & pembakarannya menggunakan kayu bakar dan sekam padi. Layanan penjualan pun terus kami tingkatkan untuk kepuasan pelanggan. Percayakan kebutuhan bata merah anda pada merk bata AJ Super Garut.

Ciri ciri batu bata merah yang bagus

  • Batu bata yang baik harus bebas dari retak, cacat, patah, bersih dari batu (benjolan, kotoran sampah, dll).
  • Batu bata harus seragam dalam ukuran, dengan sudut tajam dan tepi yang rata.
  • Permukaan harus benar dalam bentuk persegi satu sama lain untuk menjamin kerapian pekerjaan pemasangan bata.
  • Warna batu bata merah atau kemerahan
  • Mempunyai ukuran, kuat tekan dan daya serap air yang dipersyaratkan dalam SNI

Kini, anda sudah bisa tuliskan ciri ciri batu bata yang bagus kan?

Kriteria Bata Merah yang Berkualitas Baik

Kriteria Bata Merah yang Berkualitas Baik untuk ekspos

Sumber: unsplash.com

Apakah Anda pernah melihat desain rumah dengan bata merah? Ya, bata merah kerap digunakan sebagai material dinding rumah. Selain digunakan sebagai material dinding rumah, bata merah tanpa plester juga meningkatkan estetika. Terlebih jika Anda memasang bata merah pada dinding luar. Rumah Anda seketika terlihat seperti perumahan di kawasan Eropa. Klasik, elegan serta tampak gagah.

Untuk itu, jika Anda hendak memasang bata merah, Anda perlu mengetahui ciri-ciri bata merah terbaik. Bahan bangunan ini memang terbilang murah dibandingkan material lain, namun terkadang kualitasnya belum tentu teruji. Itu sebabnya Anda perlu cermat memilih bata merah berkualitas.

Jika Anda mencari informasi kriteria bata merah yang baik, Anda dapat menemukannya pada artikel ini. Boleh teruskan baca ya.

Permukaan bata merah mulus dan tidak retak

Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih

Seperti bahan baku pada umumnya, kualitas bata merah bisa Anda lihat secara visual. Bata merah yang baik memiliki permukaan yang mulus juga tidak retak. Namun, bisa saja bata merah yang Anda lihat sedikit tidak rata, ini tak mengapa. Bisa jadi ini dibuat secara manual. Namun, ada toleransi yang bisa dimaklumi. Jika permukaannya terlalu bergelombang dan retaknya terlihat di mana-mana, Anda sebaiknya menghindari membeli bata merah seperti ini.

Ukuran bata merah seragam dan presisi

Dari sekian cara membuat bata merah yang baik, bata merah yang dicetak dengan mesin memiliki kualitas yang lebih unggul daripada proses manual. Salah satu alasannya: bata merah yang dicetak oleh mesin memiliki ukuran yang seragam dan akurat. Jadi, tidak ada ketimpangan ukuran antara bata merah yang satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membangun dinding atau tembok yang rapi, disarankan memilih bata merah dengan ukuran yang sama. Ini merupakan salah satu kriteria bata merah yang baik.

Tingkat kepadatan bata merah tinggi (keras)

Bata Merah Berkualitas Bagus dan Cara Memilihnya

Bata merah berkualitas memiliki tingkat kepadatan yang tinggi serta benar-benar kering. Ciri-ciri bata merah seperti ini menandakan kekuatan yang dimiliki. Semakin kering dan padat, maka bata merah tersebut dipastikan kuat sebagai material bangunan. Tentu kualitas bata merah seperti ini yang Anda cari, bukan?

Bata merah yang benar-benar kering dan kokoh didapati melalui proses penjemuran serta pembakaran hingga titik maksimal. Untuk mengecek kualitas bata merah dengan kriteria ini, Anda dapat mengetuk atau menggesek potongan besi pada bata merah. Jika terdengar bunyi nyaring, ini pertanda bata merah tersebut berkualitas baik. Namun, jika suara yang muncul kurang nyaring, Anda perlu curiga dengan kualitas bata merah tersebut.

Pilih bata merah yang daya serap airnya rendah

Bata merah yang baik memiliki daya serap air yang rendah. Jika Anda memasang bata merah sebagai dinding luar atau tembok pagar, pastikan bata merah yang dipasang berkualitas tinggi. Ini disebabkan area tersebut rentan terkena air hujan. Bata merah yang baik memiliki daya serap air di bawah 30%. Sehingga Anda tak perlu khawatir dinding atau pagar Anda merembes atau tingkat kepadatannya berkurang terkena air.

Daya serap air pada bata merah juga berkaitan dengan jumlah adukan air serta semen saat pemasangan. Jika daya serap bata merah terlalu tinggi, ini pertanda lemahnya ikatan antara bata dengan adukan semen. Ini merupakan kriteria bata merah yang kurang baik.

Berbanding terbalik jika daya serap bata merah terhitung rendah. Ini akan memudahkan pengikatan ketika melakukan pemasangan bata merah pada dinding.

Warna merah merata pada seluruh bata

batu bata merah yang berkualitas bagus

Kriteria bata merah berkualitas memiliki warna merah yang merata, mulai dari permukaan hingga ke dalam bata merah. Jika Anda menemukan bata merah seperti ini, artinya cara membuat bata merahnya telah berjalan sesuai prosedur. Salah satunya saat tahap pembakaran. Selain kering dan padat, hasil dari pembakaran bata merah yang maksimal terlihat pada warna merahnya yang dominan dan merata.

Jika Anda hendak memilih bata merah, Anda bisa melihat warnanya. Jika warna bata merah terlihat lesu atau pucat, bisa jadi bata merah tersebut bermutu kurang baik. Namun, jika Anda menemukan bata merah dengan warna merah yang menyala, bisa dipastikan itu ciri-ciri bata merah berkualitas tinggi.

Moga dalam artikel selanjutnya AJ Super Garut ini bisa menulis tentang hebel vs bata merah vs batako bagus mana.

Tags: bata merah yang bagus, Batu bata yang bagus, cara memilih batu bata yang baik, ciri bata merah yang baik, cara memilih batu bata yang bagus, ciri batu bata yang bagus, ciri batu bata yang baik, batu bata merah yang bagus, harga bata merah kualitas terbaik

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *