Cara Memilih Bata Merah yang Bermutu Baik

Dari sekian material konstruksi bangunan, batu bata merupakan bahan bangunan yang selalu ada dari waktu ke waktu. Anda dapat menemukan penggunaan batu bata untuk dinding ataupun pondasi nyaris di setiap gedung atau rumah di lingkungan kita.

Namun, sudahkah Anda tahu jika batu bata memiliki banyak jenis? Mulai dari bata merah, bata putih, bata hebel, bata ringan, bataton, batako, bata roster, dan masih ada jenis bata lainnya. Setiap model batu bata memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk juga kelebihan dan kekurangan dari karakter batu bata tersebut.

Di antara jenis batu bata yang sering digunakan, bata merah berkualitas merupakan salah satu yang populer. Keunggulan bata merah adalah memiliki kekuatan yang kokoh dan harganya terjangkau.

Namun begitu, bukan berarti batu bata konvensional yang dibuat secara manual oleh pengrajin tidak berkualitas. Perusahaan pabrik bata yang ternama tentu mengedepakan kualitas.

Cara memilih & menguji kualitas batu bata

Ciri-ciri Batu Bata Merah yang Bagus/Baik & Cara Memilih

Pengujian bata secara visual

Kita hanya perlu ketelitian dalam pengecekan kualitas batu bata. Untuk pengecekan kualitas batu bata merah secara visual dapat dilakukan dengan cara berikut:

Cek retakan bata

Secara visual, pengujian batu bata dapat dilakukan dengan melihat permukaan dan ukuran bata. Jika permukaan rata dan sedikit atau tidak ada retak, maka bata merah tersebut berkualitas baik.

Cek ukuran bata

Jika ukuran bata merah seragam dan presisi maka kualitas bata tersebut bagus.

Cek bata pecah/patah

Jika di sebuah toko bahan bangunan terdapat tumpukan batu bata banyak yang pecah atau patah, maka itu indikasi kualitas batu batanya kurang bagus. Bila kita perhatikan banyak batu bata yang patah atau pecah pada saat di toko material maka batu bata tersebut tidak baik.

Perhatikan pula tumpukan batu bata pada saat baru diturunkan dari mobil pengangkut (truk). Bila banyak batu bata yang patah atau pecah, maka kualitas batu bata tersebut tidak baik.

Uji belah bata

Cara memilih bata merah yang baik adalah dengan membelah batu bata menjadi 2 (dua) bagian. Bila bagian dalam belahan batu bata berwarna merah merata, maka batu bata tersebut baik karena sudah matang sempurna saat pembakaran bata.

Tes suara bata merah dengan diketuk

Batu bata merah yang mempunyai kekuatan tekan yang baik akan memberikan suara dering ketika diketuk. Sebuah suara yang kurang nyaring menunjukkan kualitas batu bata yang rendah.

Untuk mengetahui bata merah bagus ga, dapat dicek dengan cara menggesekan potongan besi pada bata. Bila muncul suara nyaring, maka batu bata tersebut berkualitas baik.

Uji daya serap air batu bata

Daya serap batu bata berkaitan dengan jumlah air adukan pada saat pemasangan di dinding. Daya serap batu bata terhadap air yang tinggi mengindikasikan lemahnya ikatan antara bata dengan adukan semen.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil sebuah batu bata
  2. Timbang bobot batu bata kering tersebut
  3. Rendam batu bata dalam air selama 24 jam
  4. Timbang bata basah (menyerap air)
  5. Hitung selisih bobot bata merah setelah direndam dan sebelum direndam
  6. Bagi selisih tersebut dengan bobot kering dan kalikan dengan 100 persen
  7. Daya serah dalam persen berhasil dihitung

Ikatan antara bata dan spesi dianggap baik bila pada awal (3 menit pertama) pemasangan terjadi pengikatan. Pengujian daya serap batu bata dapat dilakukan dengan standar SNI 021-1978 SNI 15-2094-1991. Hasilnya dibedakan menjadi 2 kelompok.

  • Daya serap bata > 30%. Artinya, Batu bata mempunyai rongga – rongga yang banyak dan kepadatannya kurang. Solusinya: lakukan perendaman sebelum bata digunakan untuk konstruksi.
  • Daya serap bata < 30%. Batu bata mempunyai rongga – rongga yang sedikit serta tingkat kepadatan relatif tinggi. Tidak perlu dilakukan perendaman sebelum bata digunakan untuk konstruksi.

Bila sebuah batu bata menyerap air kurang dari seper sepuluh (10%), maka kualitas batu bata tersebut sangat baik.

Jika Anda tengah mempertimbangan material konstruksi untuk rumah Anda, alangkah baiknya jika Anda mengetahui seluk-beluk mengenai bata merah. Dengan begitu, Anda dapat memilih bata merah berkualitas.

4 Cara Memilih Bata Merah Berkualitas

Cara memilih Bata Merah Berkualitas

Sumber: unsplash.com

Setelah yakin menggunakan bata merah untuk desain rumah Anda, maka Anda berada di tahap selanjutnya. Apa itu? Anda perlu mengetahui cara membeli bata merah terbaik. Dengan mengetahui bata merah berkualitas seperti apa, Anda pun tak akan membuang waktu dan anggaran jika bata merah yang digunakan tidak memiliki mutu yang baik. Hunian Anda pun menjadi kuat dan tidak mudah rusak.

  1. Ketika Anda melihat-lihat ke toko bangunan terdekat, coba Anda perhatikan tumpukan bata merah yang ada. Jika terlihat banyak yang patah, rusak, ataupun retak, Anda perlu curiga. Bisa jadi kualitas bata merah di sana tidaklah baik. Anda bisa beralih ke toko bangunan lainnya.
  2. Bata merah terbaik dibakar hingga benar-benar merata, bukan hanya permukaannya saja, tetapi juga sampai ke dalam bata merah tersebut. Itu sebabnya Anda bisa meminta sampel bata merah dari toko bangunan, lalu Anda potong atau belah dua. Jika warna merahnya meresap sampai ke dalamnya, itu menandakan bata merah yang Anda pegang merupakan bata merah berkualitas.
  3. Saat Anda memilih bata merah di toko material, ada satu cara untuk mengetahui apakah bata merah tersebut berkualitas: Anda bisa menggesekkan besi pada bata merah. Jika terdengar dentingan yang nyaring, itu artinya bata merah tersebut kokoh dan tidak mudah rusak.
  4. Bata merah berkualitas perlu dijemur dan dibakar hingga benar-benar kering saat proses pembuatannya. Ini juga bertujuan untuk merapatkan pori-porinya sehingga air tak mudah meresap. Untuk mengetahui resapan bata merah yang ditoleransi, Anda bisa meminta sampel bata merah di toko bangunan. Kemudian bata merah tersebut Anda timbang, lalu rendam ke dalam air selama 24 jam. Keesokan harinya, bata merah yang sudah direndam Anda timbang kembali. Jika bobot bata merah tidak bertambah melebihi 20% dari berat awal, maka bata merah tersebut memiliki mutu yang baik. Anda pun bisa membeli bata merah di toko bangunan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai bata merah berkualitas. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda. Terlebih jika Anda sedang menimbang-nimbang material konstruksi untuk bangunan Anda. Jika Anda ingin bahan bangunan yang murah dan berkualitas, bata merah bisa menjadi pilihan yang tepat. Rekomendasi supplier dan produsen bata merah terbaik adalah Alam Jaya Garut dengan merk bata AJ Super.

Selamat membangun rumah impian!

Daftar Pustaka

  • Admin. (2018, March 31). BETON INSTAN INDIKON – BETON SIAP PAKAI. Retrieved July 28, 2020, from http://www.anekabangunan.com/tips-memilih-bata-merah-berkualitas-baik/
  • Anonim. (2020, July 19). √ 10 Harga Batu Bata Merah Terlengkap dan Terbaru 2020. Retrieved July 28, 2020, from https://www.arsiteki.com/harga-batu-bata-merah/
  • Bergerak, A., Staff, A., Bergerak, D., &amp; Karinov. (2019, May 17). Daftar Harga Batu Bata Merah Area Pulau Jawa. Retrieved July 28, 2020, from https://karinov.co.id/daftar-harga-batu-bata-merah/
  • Chairunnisa, S. (2020, June 17). Daftar Harga Batu Bata Merah dan Putih Terbaru 2020. Lengkap! Retrieved July 28, 2020, from https://www.99.co/blog/indonesia/daftar-harga-batu-bata-merah/
  • Pemasangan Bata Merah. (n.d.). Retrieved July 28, 2020, from https://lauwtjunnji.weebly.com/pasangan-bata-merah.html
  • Proses Pembuatan Batu Bata Merah. (n.d.). Retrieved July 28, 2020, from https://www.batubatamerahwelahan.com/blog/proses-pembuatan-batu-bata-merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *