Bagus Bata Merah atau Bata Putih?

Bagus Bata Merah Atau Bata Putih? Bingung mau beli yang mana? Baca kelebihan dan kekurangan bata merah dan bata putih sehingga anda bisa memilih jenis bata yang terbaik untuk konstruksi rumah.

Salah satu material dalam bangunan rumah yang cukup penting adalah batu bata. Batu bata biasanya digunakan untuk membuat dinding rumah. Kini, batu bata semakin banyak macamnya karena menyesuaikan dengan selera pembeli.

Sebelum anda membeli, sebaiknya harus paham dahulu perbedaan antara batu bata merah dan juga batu bata putih. Yuk baca ulasan/review dari batamerahgarut.com.

Pengertian Batu Bata

Bagus Bata Merah atau Bata Putih

Batu bata merupakan bahan material bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dibuat dengan cara dicetak dan pembakaran dengan suhu yang cukup tinggi. Bentuk dari batu bata ini kebanyakan adalah prisma segiempat panjang, pejal dan dimanfaatkan pada pembuatan dinding. (Faisol, dkk 2017).

Batu bata merah adalah material bangunan yang pembuatannya dari tanah liat atau lempung. Pembuatan batu bata ini bisa dengan dicetak dengan cetakan tertentu sehingga bahan yang dihasilkan lebih kuat. Bukan hanya bisa dibuat secara manual, namun kini ada juga alat-alat pendukung yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan batu bata jenis ini.

Anda bisa juga baca desain rumah bata merah untuk memperkaya wawasan.

Perkembangan Jenis Batu Bata

Perkembangan terbaru menunjukkan semakin banyak warga yang mulai menggunakan batu bata putih. Hal ini bisa menjadikan persaingan antara produsen dua jenis batu bata ini semakin sengit.

Jenis batu bata yang banyak digunakan untuk membuat dinding adalah batu bata merah dan batu bata putih. Batu Bata merah disebut juga dengan sebutan batu bata, sedangkan batu bata putih biasa disebut dengan batu bata ringan atau hebel. 

Selain batu bata, material yang juga digunakan dalam pembuatan dinding rumah diantaranya adalah batako, beton, kayu, bambu yang lainnya. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak menggunakan batu bata merah dalam pembuatan dinding rumahnya. 

Yuk baca karakteristik setiap jenis bata sebelum menentukan bagus bata merah atau bata putih.

Karakter Batu Bata Merah

Harga murah

Batu bata merah menjadi salah satu jenis batu bata yang paling populer di antara jenis batu bata lainnya. Berbagai bangunan yang menggunakan jenis batu bata yang cukup ikonik ini adalah tembok/dinding, pagar, tiang atau elemen bangunan rumah lainnya. Kepopuleran jenis batu bata yang satu ini dikarenakan harganya yang sangat bersahabat dengan masyarakat.

Kuat dan kokoh

Karakter yang kuat dari batu bata ini adalah warnanya yang merah, sehingga banyak disebut batu bata merah. Walaupun cukup memiliki ketahanan yang kuat, namun perlu dipertimbangkan juga beberapa hal mengenai batu bata yang satu ini sehingga dalam proses pembangunan bisa lebih efektif dan efisien. 

Batu bata merah ini mempunyai dimensi panjang sekitar 17-23 cm, lebarnya 7-11 cm dan tebalnya 3-5 cm. Kekuatan batu bata merah ini juga tahan dalam api dan memiliki kekuatan tekan sebesar 2.5-25 N/mm2.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan batu bata merah menurut Bapak Dodiek Dwiwanto dalam artikelnya. (Dodiek, 2020)

Kelebihan Batu Bata Merah

Adapun kelebihan batu bata merah ini diantaranya adalah harganya yang cukup murah sehingga banyak digunakan oleh masyarakat umum. Selain itu juga tahan dengan api, panas dan juga kebakaran yang cukup memiliki ketahanan yang tinggi. Walaupun batu bata ini membutuhkan perekat untuk lebih menguatkan, namun perekat yang digunakan biasanya tetap dari material yang simple dan harganya juga sangat ekonomis.

Batu bata ini dalam pemasangannya bisa dikatakan tidak terlalu rumit dan cukup simple. Ukuran dari batu bata ini yang cukup kecil bisa memudahkan kita dalam mengangkutnya dalam jumlah banyak serta dalam penyusunannya. Ukurannya yang kecil juga tidak menyulitkan saat mengangkut, sehingga tidak lagi diperlukan jasa kontraktor pengangkut, namun bisa dengan tukang yang ada, maka batu bata sudah bisa disusun dengan baik.

Menurut sementigaroda.com (2020), berikut ini kelebihan bata merah:

  • Mudah untuk disusun dan di pasang sehingga tidak memerlukan keahlian tertentu
  • Mudah diangkut karena ukurannya yang kecil
  • Harganya cukup murah
  • Tidak memerlukan perekat khusus (cukup semen dan pasir)
  • Tahan panas sehingga melindungi bangunan lebih lama dari api.

Kekurangan Batu Bata Merah

Selain kelebihan diatas ada juga kekurangan dari batu bata merah diantaranya adalah terkadang kualitas batu bata merah tadi terkadang masih tidak seragam di pasaran. Kadang ada yang memang kualitasnya sudah baik, dan kadang masih kurang secara kualitas. Pemasangan batu bata ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena ukuran batu bata yang cukup kecil. Resiko dari pemasangan batu bata ini juga bisa menyebabkan keretakan pada dinding batu bata.

Beberapa hal yang masih menjadi kekurangan batu bata merah ini adalah masih sulitnya penataan batu bata sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dalam setiap pengerjaannya.

Bukan hanya hal itu, selama proses pemasangan juga akan membutuhkan beberapa material perekat untuk lebih menguatkan bangunan sehingga akan diperlukan lagi biaya yang dikeluarkan. Batu bata merah ini belum sepenuhnya tahan terhadap semua cuaca, sehingga belum menjadi rekomendasi yang bagus bagi yang ingin membangun bangunan tahan cuaca. Hal ini karena batu bata merah ini mudah sekali dalam menyerap suhu baik panas maupun dingin.

Kekurangan:

  • Sulit membuat pasangan bata merah yang rapi
  • Bahannya adalah bahan yang menyerap panas saat musim panas dan menyerap dingin saat musim dingin, sehingga suhu ruangan di dalamnya tidak stabil
  • Cenderung boros dalam menggunakan material perekat
  • Bata merah adalah material yang cukup berat sehingga menimbulkan beban lebih pada struktur bangunan

Karakter Batu Bata Putih

Selanjutnya adalah mengenai batu bata putih yang kini juga mulai banyak pesanannya di pasaran.

Bahan pembuatan bata putih

Batu bata putih terbuat dari bahan semen, pasir silika dan kapur yang menyebabkan warnanya menjadi putih. Bentuk dari batu bata ini adalah presisi, kemudian memiliki kekuatan yang cukup baik juga, terutama tahan terhadap api dan dikatakan lebih awet. 

Permukaan pada material ini cukup mulus dan rata. Bobot dari batu bata ini juga lebih ringan dan lebih halus. Hal ini akan meminimalisir beban struktur pada suatu bangunan yang cukup signifikan, sehingga hasil pendirian bangunan akan lebih cepat dan sisa materialnya bisa diminimalisir.

Spesifikasi ukuran bata putih

Karakter dari batu bata putih ini adalah memiliki dimensi panjang sekitar 30-60 cm, tingginya 20-40 cm dan memiliki tebal 7-20 cm. Kekuatan tekan yang dipunyai mencapai sekitar 4,0N/mm2 dan cukup tahan terhadap api sekitar 4 jam.

Penerapan dari pemasangan batu bata putih ini adalah biasanya dengan menggunakan spesi yang mempunyai ketebalan kisaran 3 mm sampai 1 cm, sehingga untuk pembuatan luasan per meternya dibutuhkan batu bata sekitar 22-26 buah.

Kelebihan Batu Bata Putih

Kelebihan lain yang dimiliki dari batu bata putih ini adalah sifatnya yang cukup tahan terhadap air dan tidak banyak resiko terutama pada rembesan air. Pemasangan yang dilakukan akan lebih cepat dan juga lebih rapi karena spesi yang dibutuhkan tidak terlalu tebal. Kekuatan dari batu bata ini cukup bagus dalam menahan api, bencana gempa dan juga termasuk suara-suara yang cukup bising.

Batu bata jenis ini memang digolongkan jenis batu bata yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis batu bata yang lain seperti batu bata merah dan juga batako. Namun adapun harga yang mahal juga membuat kualitas batu bata yang satu ini cukup diacungi jempol karena bentuknya yang bagus dan juga rapi. Walau kendala yang ditemukan dilapangan juga biasanya dalam pemasangan batu bata yang ini biasanya tidak banyak orang yang memahami sehingga diperlukan tukang yang ahli dalam memasang jenis batu bata yang satu ini.

Kekurangan Batu Bata Putih

Adapun kekurangan dari batu bata in adalah harga yang ditawarkan cukup mahal. Persediaan batu bata putih ini juga biasanya hanya ada di toko bangunan yang sudah cukup besar, dan untuk pembeliannya juga biasanya harus dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karena batu bata ini masih dikatakan baru maka tidak semua orang bisa memasang batu bata ini dalam bangunan, sehingga membutuhkan tukang yang sudah ahli dan terpercaya.

Kesimpulan

Jika dilihat dari pemaparan diatas, maka batu bata merah masih menjadi batu bata yang lebih diminati oleh masyarakat terutama. Alasannya adalah harganya murah dan juga pemasangannya tidak memerlukan teknik khusus sehingga tidak memerlukan tukang yang khusus juga. 

Batu bata putih yang masih belum banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya yang cukup lebih mahal dibanding dengan batu bata merah, dan pemasangannya memerlukan teknik khusus. Namun demikian, batu bata putih memiliki kualitas yang lebih bagus, jadi pilihlah batu bata sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai batu bata merah dan batu bata putih yang kini banyak dicari orang. Kelebihan dari kedua jenis batu bata ini juga memiliki karakternya sendiri-sendiri, dan juga kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya pembeli yang akan membeli jenis batu bata ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan yang ada.

Jadi, bagus bata merah atau bata putih itu relatif. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan anda.

Daftar Pustaka

  • Anonim. “Kelebihan Dan Kekurangan Dari Bata Merah, Batako Press, Dan Bata Ringan – Semen Tiga Roda.” sementigaroda.com. Accessed July 29, 2020. https://www.sementigaroda.com/read/20160815/306/kelebihan-dan-kekurangan-dari-bata-merah-batako-press-dan-bata-ringan.
  • Dodiek, D. 2020. Plus minus batu bata merah dan batu bata putih, Bagus mana ya?. https://artikel.rumah123.com/plus-minus-batu-bata-merah-dan-batu-bata-putih-bagus-mana-ya-26386.
  • Khoufi, Faisol., Dkk. 2017. Peningkatan Kualitas Produk Batu Bata Merah Dengan Memanfaatkan Limbah Abu Serat Sabut Kelapa Dan Abu Serbuk Gergaji. UB: Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *