Pemilihan Dan Pengolahan Tanah

Batu bata merupakan salah satu bahan dasar dalam membuat tembok rumah atau bangunan lain yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Permintaan batu bata terus meningkat seiring dengan banyaknya masyarakat yang ingin membangun maupun merenofasi rumahnya. Untuk itu, pembuatan batu bata dapat member peluang bisnis yang menjanjikan.

Agar dapat mencapai kesuksesan, maka perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut;

Memilih Tanah Yang Tepat

Hampir semua jenis tanah dapat digunakan sebagai bahan pembuatan batu bata kecuali yanah yang mengandung pasir atau kapur. Tanah yang mengandung pasir atau kapur akan membuat batu bata mudah pecah.

Sedangkan untuk menegtahui tanah itu cocok untuk pembuatan batu bata, maka ada cara untuk mengetahuinya.

Pertama, ambil tanah tersebut, campur dengan air, kemudian diaduk hingga rata. Setelah itu diinjak-injak hingga lumat dan buang kerikil maupun kotorang yang ada. Setelah lumat, tanah direndam selama sehari semalam dan jangan sampe terkena panas matahri. Jika tanah tersebut tidak merekah, berarti tanah tersebut baik untuk bahan batu bata.

Kedua, tanah tersebut dikeringkan dan di bakar, jika berwarna merah menyala saat dibakar, maka bahan tersebut sangat baik untuk pembuatan batu bata.

Pengolahan Tanah

Sebelum tanah diolah sebagai bahan pembuatan batu bata, tanah tersebut dibuat gumpalan-gumpalan dan dijemur hingga kering. Kemudian tanah dimasukan ke dalam bak pengolahan tanah sebagai bahan pembuatan batu bata. Bak tersebut tidak memiliki ukuran yang baku, hanya disesuaikan dengan kebutuhan. Di bagian dasar bak tersebut diberi sekam padi secukupnya.

Tanah yang sudah dimasukan dalam bak pengolahan, kemudian diisi air hingga penuh. Diamkan selama 2 jam agar tanah terbasahi oleh air sepenuhnya. Kemudian tanah diaduk hingga rata dan diinjak-injak hingga menjadi halus. Sampah yang ada dalam tanah tersebut juga harus dibuang agar hasilnya bagus.

Saat mengaduk, ada baiknya dicampur dengan abu dapur atau sekam padi agar tanah tersebut semakin merekat. Setelah tanah benar-benar halus (lumat), tanah tersebut dibiarkab selama 12 jam agar tanah menjadi liat.

Incoming search terms:

jenis tanah untuk batu bata,jenis tanah untuk pembuatan batu bata,jenis tanah untuk membuat batu bata,jenis tanah yang digunakan untuk membuat batu bata,cara membuat bata merah yang baik,bahan batu bata merah,bahan batu bata,tanah yang baik untuk batu bata,pengolahan batu bata,cara membuat bata merah berkualitas

2 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. kenz says:

    Selamat malam pak..

    Saya keken. Dari pekanbaru riau.,saya ingin menanyakan apakah tanah yg mengandung bauksit itu cocok untuk pembuatan bata merah?..
    Mohon balasan nya ya pak..

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk informasinya..

    Rgrds
    Kenz

    • adminBMG says:

      @Bapak Keken : Prinsipnya tanah untuk bata merah, tanah yang bagus ditanami tanaman palawija / subur dan gembur. Semoga Membantu

      Terima Kasih

Leave a comment