Kelebihan Bata Merah Berkualitas Bagus & Cara Memilihnya

Kelebihan Bata Merah Berkualitas Bagus & Cara Memilihnya

Dari sekian material konstruksi bangunan, batu bata merupakan bahan bangunan yang selalu ada dari waktu ke waktu. Anda dapat menemukan penggunaan batu bata untuk dinding ataupun pondasi nyaris di setiap gedung atau rumah di lingkungan kita.

Namun, sudahkah Anda tahu jika batu bata memiliki banyak jenis? Mulai dari bata merah, bata putih, bata hebel, bata ringan, bataton, batako, bata roster, dan masih ada jenis bata lainnya. Setiap model batu bata memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk juga kelebihan dan kekurangan dari karakter batu bata tersebut.

Di antara jenis batu bata yang sering digunakan, bata merah berkualitas merupakan salah satu yang populer. Keunggulan bata merah adalah memiliki kekuatan yang kokoh dan harganya terjangkau.

Jika Anda tengah mempertimbangan material konstruksi untuk rumah Anda, alangkah baiknya jika Anda mengetahui seluk-beluk mengenai bata merah. Dengan begitu, Anda dapat memilih bata merah berkualitas.

Pengertian Bata Merah

Sumber: gobroking.co.id

Bata merah adalah material bangunan yang terbuat dari tanah liat yang dicetak berbentuk balok, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur, lalu dibakar dengan suhu tinggi hingga benar-benar kering dan mengeras. Proses ini memakan waktu yang tidak sebentar. Tergantung ukuran, jumlah dan skala kemampuan cetak produsen bata merah.

Bata merah termasuk bahan bangunan yang mudah didapatkan. Itu sebabnya penggunaannya selalu menjadi rekomendasi pada desain bangunan. Dari dulu hingga kini. Warnanya yang merah pun menjadi sentuhan yang menarik. Banyak desain rumah menggunakan bata merah sebagai tembok atau dinding. Rumah bergaya industrial merupakan salah satu desain rumah yang cocok dengan penggunaan bata merah ekspos. 

6 Kelebihan Bata Merah Berkualitas

Kelebihan dan Ciri Bata Merah Berkualitas

Sumber: unsplash.com

Ada Sebuah pepatah bijak yang mengatakan, “Jika Anda gagal merencanakan, maka sebenarnya Anda tengah merencanakan kegagalan.”

Sudah menjadi kewajaran ketika hendak membangun rumah ataupun bangunan, Anda memiliki banyak pertimbangan. Mulai dari desain, pengaturan budget hingga pemilihan material konstruksi. Semua ini perlu direncanakan dengan matang. Lantaran ketika rumah sudah dibangun, maka tak bisa lagi dirombak. Walaupun sebenarnya bisa saja jika Anda ingin merombak ulang, tetapi seringkali membutuhkan biaya lebih besar dan membutuhkan  waktu yang lebih lama untuk target penyelesaiannya.

Itu artinya sedari awal Anda perlu memiliki rencana pembangunan yang cermat, teliti dan tepat. Salah satu yang perlu dipertimbangkan dengan baik adalah bahan baku rumah Anda. Coba anda jawab beberapa pertanyaan berikut:

“Anda ingin rumah dengan gaya seperti apa?”

“Material apa yang ingin digunakan sebagai dinding?”

“Apakah Anda hendak memasang roster? Jika iya, bahan baku konstruksi apa yang Anda inginkan?”

Semua pertanyaan tersebut perlu memiliki jawaban yang akurat.

Jika Anda mempertimbangkan bahan baku murah, kuat dan memiliki sentuhan warna menarik, maka bata merah bisa menjadi rekomendasi material dinding atau roster yang tepat.

Mengapa bata merah? Setidaknya 5 alasan ini bisa menjadi pertimbangan buat Anda.

1. Kuat dan kokoh

Di antara jenis batu bata, bata merah merupakan jenis bata yang kokoh. Kekuatannya didapat dari penggunaan tanah liat yang dikeringkan dan dipadatkan melalui proses pembakaran. Berbeda dengan jenis batu bata yang tidak dibakar, bata merah yang dibakar memiliki ketahanan yang teruji. Ini membuat Anda tak perlu cemas akan kekokohannya sebagai dinding rumah.

Jadi, Anda tak perlu heran menemukan penggunaan bata merah di mana-mana. Alasan keamanan dan kekuatannya sudah menjadi andalan sejak dahulu kala. Kegunaan bata merah tak hanya sering didapati di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan penjuru dunia.

Untuk mencari referensi penggunaan bata merah berkualitas, Anda dapat menjadikan Pinterest ataupun Instagram sebagai inspirasi. Anda bisa mengetikkan kata “Red Brick” di kedua laman tersebut, maka Anda akan menemukan ribuan referensi penggunaan bata merah sebagai konstruksi bangunan.

2. Mudah Didapatkan

Ketika Anda bersiap membangun rumah, alangkah baiknya jika material yang dipilih mudah didapatkan dari lokasi proyek rumah Anda. Terlebih jika Anda memiliki budget terbatas serta ingin pengerjaan yang cepat. Pemilihan bata merah sebagai material bangunan pun menjadi pilihan yang bijaksana.

Bata merah merupakan jenis bahan bangunan yang mudah dicari. Hampir semua toko bangunan memiliki bata merah sebagai produk yang ditawarkan. Anda dapat mengeceknya di toko bangunan terdekat.

Setidaknya ada dua alasan mengapa bata merah mudah tersedia di mana-mana:

Bahan Dasar yang Mudah Dicari

Bata merah tak terbuat dari bahan-bahan yang sulit, semisal batuan beku atau batu alam. Bata merah hanya menggunakan tanah liat dengan pasir serta serpihan batu sebagai bahan dasar pembuatan.

Lewat bahan baku yang mudah ditemukan, bata merah pun bisa dibuat di mana saja. Sehingga ketersediaannya mudah dicari. Semakin cepat material bangunan didapat, maka semakin cepat pula pengerjaan rumah Anda. Anda pun tak perlu berlarut-larut membangun rumah lantaran penggunaan material konstruksi yang sulit ditemukan.

Proses Pembuatan yang Mudah

Selain bahan dasar bata merah yang tak sulit dicari, proses pembuatannya juga terbilang mudah. Produksi bata merah tak memerlukan pabrik megah untuk membuat bata merah berkualitas. Itu sebabnya industri rumahan pun terkadang sudah cukup menghasilkan bata merah terbaik.

Lewat pembuatan bata merah manual maupun menggunakan alat cetak, satu supplier bata merah bisa menghasilkan 10.000 hingga 15.000 bata merah per hari. Ini membuat bata merah tak akan langka. Sehingga Anda pun mudah mendapatkannya untuk keperluan bangunan, gedung atau rumah Anda.

3. Harga yang Terjangkau

Bata Merah Berkualitas Bagus dan Cara Memilihnya

Jika anggaran rancangan rumah Anda terbatas, maka Anda perlu mempertimbangkan secara cermat material bangunan yang digunakan. Semisal untuk dinding, ketika Anda memilih batu alam sebagai materialnya, tentu saja harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan material lain.

Penggunaan bata merah sebagai dinding ataupun pagar pun bisa menjadi solusi. Harga bata merah terbilang sangat terjangkau di pasaran. Per satu bijinya berkisar di harga Rp 400-Rp 900 saja. Harga ini bergantung pada kualitas, jenis dan ukuran bata merah.

4. Ukuran Bata Merah Seragam

Untuk ukuran bata merah, terdapat beberapa varian yang bisa Anda pilih. Berikut kisaran dimensi ukuran bata merah yang sesuai standar SNI 15-2094-1991:

  • panjang = 19 cm – 24 cm
  • lebar = 9 cm – 12 cm
  • tebal = 5 cm – 6 cm

Sangat menarik, kan? Bata merah memiliki ukuran yang bervariasi serta harga yang terjangkau. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan keperluan desain rumah Anda. Walaupun murah, material bata merah tak kalah kualitasnya. Terlebih jika Anda pasang  sebagai material dinding  rumah. Belum lagi jika Anda menginginkan desain yang menarik, bata merah bisa memberikan aksen industrial pada rumah Anda.

5. Tahan Api

Jika Anda belum tahu, ketika bata merah sedang berada pada proses pembakaran, suhu yang dibutuhkan bisa mencapai 10000C. Pembakaran pun berlangsung lama, membutuhkan waktu sekitar seminggu. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan bata merah yang berkualitas, yaitu benar-benar kering dan keras.

Di samping itu, bata merah yang dibakar dengan suhu tinggi membuatnya tahan akan api atau panas. Bata merah pun menjadi tidak mudah terbakar. Ini menjadi sebuah kelebihan bata merah bagi material rumah Anda.

6. Kuat terhadap Angin Kencang

Ketika membangun dinding  rumah, tentu saja Anda menginginkannya kuat terhadap berbagai hal, mulai dari cuaca hingga angin kencang. Dinding  yang kokoh membuat Anda merasa aman berada di rumah. Tentu ini menjadi fungsi rumah yang tidak bisa diganggu gugat.

Nah, kabar baik bagi Anda yang menggunakan bata merah sebagai pondasi. Mengapa? Telah terbukti sejak lama, dinding dari batu bata yang terbuat dari tanah liat (termasuk di dalamnya bata merah) memiliki ketahanan akan badai atau angin kencang.

Jika Anda berada di daerah yang rentan akan badai ataupun puting beliung, kemudian Anda memiliki pilihan material bangunan yang terbatas, maka penggunaan bata merah menjadi solusi yang bisa digunakan. Tentu saja bukan bata merah biasa, tetapi Anda bisa memilih bata merah berkualitas di toko bangunan terpercaya.

4 Cara Memilih  Bata Merah Berkualitas

Cara memilih Bata Merah Berkualitas

Sumber: unsplash.com

Setelah yakin menggunakan bata merah untuk desain rumah Anda, maka Anda berada di tahap selanjutnya. Apa itu? Anda perlu mengetahui cara membeli bata merah terbaik. Dengan mengetahui bata merah berkualitas seperti apa, Anda pun tak akan membuang waktu dan anggaran jika bata merah yang digunakan tidak memiliki mutu yang baik. Hunian Anda pun menjadi kuat dan tidak mudah rusak.

  1. Ketika Anda melihat-lihat ke toko bangunan terdekat, coba Anda perhatikan tumpukan bata merah yang ada. Jika terlihat banyak yang patah, rusak, ataupun retak, Anda perlu curiga. Bisa jadi kualitas bata merah di sana tidaklah baik. Anda bisa beralih ke toko bangunan lainnya.
  2. Bata merah terbaik dibakar hingga benar-benar merata, bukan hanya permukaannya saja, tetapi juga sampai ke dalam bata merah tersebut. Itu sebabnya Anda bisa meminta sampel bata merah dari toko bangunan, lalu Anda potong atau belah dua. Jika warna merahnya meresap sampai ke dalamnya, itu menandakan bata merah yang Anda pegang merupakan bata merah berkualitas.
  3. Saat Anda memilih bata merah di toko material, ada satu cara untuk mengetahui apakah bata merah tersebut berkualitas: Anda bisa menggesekkan besi pada bata merah. Jika terdengar dentingan yang nyaring, itu artinya bata merah tersebut kokoh dan tidak mudah rusak.
  4. Bata merah berkualitas perlu dijemur dan dibakar hingga benar-benar kering saat proses pembuatannya. Ini juga bertujuan untuk merapatkan pori-porinya sehingga air tak mudah meresap. Untuk mengetahui resapan bata merah yang ditoleransi, Anda bisa meminta sampel bata merah di toko bangunan. Kemudian bata merah tersebut Anda timbang, lalu rendam ke dalam air selama 24 jam. Keesokan harinya, bata merah yang sudah direndam Anda timbang kembali. Jika bobot bata merah tidak bertambah melebihi 20% dari berat awal, maka bata merah tersebut memiliki mutu yang baik. Anda pun bisa membeli bata merah di toko bangunan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai bata merah berkualitas. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda. Terlebih jika Anda sedang menimbang-nimbang material konstruksi untuk bangunan Anda. Jika Anda ingin bahan bangunan yang murah dan berkualitas, bata merah bisa menjadi pilihan yang tepat. Rekomendasi supplier dan produsen bata merah terbaik adalah Alam Jaya Garut dengan merk bata AJ Super.

Selamat membangun rumah impian!

Daftar Pustaka

  • Admin. (2018, March 31). BETON INSTAN INDIKON – BETON SIAP PAKAI. Retrieved July 28, 2020, from http://www.anekabangunan.com/tips-memilih-bata-merah-berkualitas-baik/
  • Anonim. (2020, July 19). √ 10 Harga Batu Bata Merah Terlengkap dan Terbaru 2020. Retrieved July 28, 2020, from https://www.arsiteki.com/harga-batu-bata-merah/
  • Bergerak, A., Staff, A., Bergerak, D., & Karinov. (2019, May 17). Daftar Harga Batu Bata Merah Area Pulau Jawa. Retrieved July 28, 2020, from https://karinov.co.id/daftar-harga-batu-bata-merah/
  • Chairunnisa, S. (2020, June 17). Daftar Harga Batu Bata Merah dan Putih Terbaru 2020. Lengkap! Retrieved July 28, 2020, from https://www.99.co/blog/indonesia/daftar-harga-batu-bata-merah/
  • Pemasangan Bata Merah. (n.d.). Retrieved July 28, 2020, from https://lauwtjunnji.weebly.com/pasangan-bata-merah.html
  • Proses Pembuatan Batu Bata Merah. (n.d.). Retrieved July 28, 2020, from https://www.batubatamerahwelahan.com/blog/proses-pembuatan-batu-bata-merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *